[ BISA JADI ] Jogja Pusat Kaos Dakwah, Keren dan Kreatif di Indonesia

Pusat Kaos Dakwah, Keren, itulah kata yang bisa menggambarkan kondisi perkembangan kaos dakwah saat ini. Hari demi hari, makin banyak brand kaos dakwah muncul. Semakin banyak kaos dakwah yang tumbuh berkembang. Sesuatu yang patut kita syukuri sebagai sesama saudara dalam Islam. Bicara tentang jogja, selain dengan seabreg masalahnya, Jogja menyimpan potensi kebaikan yang luar biasa. Termasuk wacana Jogja Pusat Kaos Dakwah.

Apakah mungkin menjadikan Jogja Sebagai Barometer Kaos Dakwah Islam di Indonesia. Jawabannya mungkin saja. Selama kita masih bisa berusaha, kemungkinan itu ada. Tinggal mencari cara bagaimana jalan mewujudkannya. Dan orang-orang Jogja terkenal kreatif dalam menempuh jalan tersebut. Yang perlu diingat. Harus sesuai dengan hukum syariat ya mas bro. Tak ada kesuksesan hakiki jika kita berpaling dari aturan Nya. Salah-salah malah bisa celaka di dunia dan akhirat. Rugi dan merugi.

Potensi Jogja dalam menjadi pusat kaos dakwah kreatif masih terbuka. Akses ke pabrik bahan kaos yang dekat (Sritex di Solo), talent sablon yang banyak, kota pendidikan dengan banyak mahasiswa dari luar daerah, serta potensi desainer muslim yang mencukupi bisa mempercepat jalan menjadikan Jogja sebagai pusat kaos dakwah di Indonesia. 

Penggiat Kaos Dakwah Berfoto dengan David Chalik, via Naidu Clothing
Tantangan menjadikan Jogja sebagai pusat kaos dakwah memang tetap ada. Institusi ribawi, kehidupan masyarakat yang hedonis. Klub-klub malam yang menjadikan mahasiswa sebagai target market nya. Mall, Supermall, hingga hypermarket yang menjamur. Hal tersebut dapat menghambat laju kesadaran umat akan Islam. Yang pada gilirannya juga akan menghambat upaya menjadikan Jogja sebagai pusat kaos dakwah di Indonesia. Namun hal tersebut harus kita jadikan pemacu agar lebih semangat lagi. Bukan malah sebaliknya, lemas dan menjadi pribadi yang tidak mau berusaha secara maksimal.

Saat ini (April 2016) saja sudah ada lebih dari 5 brand kaos dakwah dari Jogja. Prediksi kami jumlah tersebut akan terus meningkat. Seiring dengan meningkatnya kesadaran umat akan Islam. Kesukaan masyarakat akan model pakaian pun akan berubah. Dan harapannya kaos dakwah menjadi salah satu pilihan. Tentu analisis ini masih terlalu kasar dan tidak memenuhi kaidah metodologi ilmiah. Namun satu hal yang pasti. Janji Allah akan dimenangkannya Islam di akhir zaman harus kita yakini. Dan jika saat itu tiba, kaos-kaos dakwah akan menjadi pilihan banyak pemuda, ya pemuda yang haus akan Islam. [igeno]

2 Responses to " [ BISA JADI ] Jogja Pusat Kaos Dakwah, Keren dan Kreatif di Indonesia "

  1. Jogja memang sumber inspirasi banget..

    BalasHapus
  2. Wah, keren memang jogja nih.

    BalasHapus