Dakwah Dengan Hand Lettering, Cara Kreatif Menyampaikan Islam

Siapa yang saat ini tidak mengenal hand lettering? Gaya tulisan yang artistik dan menarik ini digemari oleh banyak orang. Bisa jadi kita tidak mengenal istilah hand lettering, namun sering menjumpai tulisan tersebut saat di cafe maupun kedai kopi. Ya, hand lettering sering digunakan untuk menghias ruangan. Seringnya dengan kapur, maka ada istilah juga chalk lettering.

Nah, geliat dakwah yang menggelora dari kaum muslimin ternyata ditangkap juga oleh para desainer muslim. Banyak dari mereka yang menggunakan media hand lettering untuk menyampaikan pesan kebaikan Islam. Salah satunya adalah akun facebook Ken Kentri. Cobalah tengok dua karya dari beliau di bawah ini.

Karya Ken Kentri Birrul Walidain
Karya mas Ken Kentri diatas mengajak kita untuk berbakti pada orang tua. Sebagai muslim berbakti pada orang tua hukumnya wajib. Sebuah pesan dakwah yang dikemas secara cantik dan menarik dalam hand lettering.

Hand Lettering Save Aleppo dari Ken Kentri
Karya kedua dari mas Ken Kentri ini mengajak kita untuk peduli dengan kondisi saudara kita di Aleppo Suriah. Pada saat gambar seni tersebut dibuat, kondisi Aleppo sedang mencekam akibat serangan bom bertubi tubi dari rezim Basyar Al Assad. Beliau mengajak kaum muslimin untuk tergerak kepeduliannya terhadap Aleppo. 

Selain itu ada pula akun facebook Noer Malaky yang juga membuat tulisan dakwah yang keren dan kreatif. Berikut ini contoh salah satu karya hand lettering dari beliau.

Hand Lettering Tauhid karya Noer Malaky
Karya mas Noer ini mengingatkan kaum muslimin untuk selalu menjaga Tauhid. Kita tahu tauhid adalah pondasi yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Jaga tauhid hingga mati. Seperti itulah kira-kira pesan dakwah dari karya seni tersebut.

Selain itu ada juga lho, video pendek proses pembuatan hand lettering pesan islami dari channel youtube +Kaos Bapak Sholeh . Singkat untuk ditonton dan mudah untuk dibagikan dengan sesama.


Dalam video tersebut disampaikan pesan dari Khalifah Umar bin Khatab. Hmm, ternyata sekarang ada banyak kan cara dakwah kreatif. Semoga ini bisa mempermudah langkah kita dalam menjemput kebaikan Islam. Aamiin.

3 Responses to " Dakwah Dengan Hand Lettering, Cara Kreatif Menyampaikan Islam "

  1. Balasan
    1. Benar mas, dan masih banyak sebetulnya karya desainer2 muslim lainnya yang blum kmi masukkan. Ada mas alib isa, hendra dll..

      Hapus