[ KEREN ] Dokter Anik Sutari dan Dokter Ferihana, Dua Muslimah Yang Memberikan Pelayanan Kesehatan Gratis Kepada Masyarakat

Siapa manusia yang ingin sakit? Jika pertanyaan itu diberikan kepada setiap orang. Insyaa Allah tidak ada yang menginginkan sakit. Kesehatan adalah rezeki yang mahal harganya. Sekaya apapun, jika kita sakit, kita tidak bisa menikmati kekayaan kita bukan? Namun terkadang takdir Sang Pencipta berkata lain, kita kadang mengalami yang namanya sakit. Sebagai muslim yang baik kita harus menerima qadar dari Allah tersebut dan tetap berusaha melakukan pengobatan semaksimal mungkin.

Namun saat ini kesehatan menjadi barang yang mahal harganya. Sistem kehidupan yang dipakai saat ini menjadikan kesehatan sebagai komoditas yang diperjual belikan. Sehingga tidak mengherankan jika biaya kesehatan menjadi mahal. Namun ditengah-tengah kondisi sulit saat ini, muncul setetes embun ditengah gurun pasir. Kami sebut embun, karena meski kecil namun tetap berharga. Apalagi disaat mengalami kehausan hebat. Memang kondisi idealnya kesehatan diberikan oleh negara, apalagi sebagai muslim, dalam aturan ketatanegaraan islam. Negaralah yang memenuhi kesehatan rakyat, sebagai wujud tanggung jawab mengurusi urusan ummat. Namun, ya sudahlah. Oks.. 

Meski tidak banyak, namun ada saja dokter yang baik hati mau membantu masyarakat dengan biaya praktek cuma-cuma alias gratis. Contohnya kedua wanita hebat ini. Yaitu dokter Ferihana dari Kasihan, Bantul Yogyakarta dan dokter Anik Sutari dari Lebak Banten. Kami akan kupas kiprah beliau satu persatu, semoga bisa menjadi ibrah bagi kita dan masyarakat luas.

1. Kiprah Dokter Ferihana dari Bantul Jogjakarta
Universitas Islam Indonesia patut bangga memiliki almamater yang mengabdi kepada masyarakat dengan tulus. Dokter Hana, beliau biasa dipanggil, mulai prakter sejak tahun 2012. Saat ini alamat praktek dokter Ferihana ada di Sumberan No 297 Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Dokter muslimah ini memakai cadar dan  memberikan pelayanan kesehatan 24 jam bagi warga yang tidak mampu. 

Dokter Ferihana, Muslimah Yang Memberikan Layanan Kesehatan Cuma Cuma Warga Tidak Mampu
Soal obat, beliau tetap memberikan obat yang bagus secara cuma-cuma. Bagi warga yang tidak mampu bisa gratis dan bagi yang mampu bisa mengisi kotak infaq yang disediakan. Namun karena operasional masih belum mencukupi dokter Hana membuka klinik kecantikan juga. Ingin tahu lebih lanjut, Simak tanya jawab dibawah ini : 

1. Apakah pengobatan yang tidak pasang tarif / infaq seikhlasya dan gratis bagi yang tdkmampu, masih ada ? Mengingat screenshot yang tersebar tertanda tahun 2014?
Jawab : Alhamdulillah masih berjalan.

2. Apakah pelayanan hanya bagi warga sumberan dan sekitarnya saja ?
Jawab : Tidak, bagi siapa saja dan dimana saja yang membutuhkan pengobatan infaq seikhlasnya /gratis bagi yang tidak mampu, silahkan datang

3. Apakah hanya untuk muslim ?
Jawab : Tidak, semua saya terima sebagai pasien saya. Tidak membedakan pelayanan dengan siapapun, selama ini banyak yang beragama selain Islam datang dan berobat.

4. Apakah benar 24 jam ?
Jawab : Jadwal praktek setiap hari 24 jam. Namun apabila tidak mendesak saya sarankan pd pukul 8 pagi – 4 sore. Kecuali jumat sabtu pukul 16 -18.00 ada pengobatan gratis saya bersama Muslim Medical ditempat praktek saya.

5. Dimana alamatnya ?
Jawab : Alamat, Sumberan No 297 Ngestiharjo Kasihan Bantul Yogyakarta
Rute : Tugu jogja ke barat 1 km, sampai Mirota godean ke kiri masuk Jl Soragan, ada resto Mang Engking maju sedikit, ads perempatan masuk gapura Sumberan.

6. Apakah menerima sumbangan via transfer?
Jawab : saya belum berani menerima, khawatir tidak amanah. Semoga Allah Membalas niat baik teman -teman semua.

7. Kontak yang bisa dihubungi ?

Jawab : Hp : 082220047772
Facebook : Ferihana Zaujatu Yoebal
Fanspage Facebook : Dokter Hana
Fanspage Facebook : Rumah Sehat Muslim dan Dhuafa Yogyakarta 
Website : www.ferihana.com

Semoga bermanfaat, dan doakan agar beliau diberikan kekuatan selalu serta kita juga mendoakan agar nanti sistem kehidupan berganti menjadi lebih baik sehingga kesehatan gratis bisa dirasakan oleh setiap orang, tidak hanya di sekitar beliau di Jogja saja. Oks!

2. Kiprah Dokter Anik Sutari dari Banten
Meski beliau sekarang tinggal di Banten, namun ternyata dokter Anik Sutari berasal dari Sragen. Lulusan Universitas Sebelas Maret di Solo ini patut kita acungi jempol. Di klinik kesehatan beliau yang beralamat di Jalan Saketi Picung km 14, Rancabiluk Kaduhauk Banjarsari Lebak Banten (Samping Rumah Makan Tomboy), beliau memberikan pelayanan kesehatan cuma-cuma alias gratis kepada anak yatim.

Baliho Klinik dokter Anik Sutari di Banjarsari Lebak Banten 
Meski dari papan baliho sudah jelas tertulis gratis untuk anak yatim, ternyata masih banyak yang takut dan ragu karena khawatir banyak persyaratan macem-macem. Beliau bahkan sampai menegaskan lewat akun facebook nya :

TIDAK DIBUTUHKAN PERSYARATAN APAPUN DAN TIDAK DIBATASI DARI WILAYAH MANAPUN
Pintu klinik kami selalu terbuka menyambut kalian…..”anak anak yatim…..anak2 kami…..”

Luar biasa.. Selain itu beliau minta teman-teman di media sosial untuk menyebarkan informasi ini kepada yang lain. 

Dokter Anik Sutari dari Banten
Yuk bantu share kepada yang lain yuk. Semoga menjadi amal jariyah ya.. Sangat senang jika bisa mengetahui pendapat sahabat semua mengenai 2 wanita hebat yang memberikan pelayanan kesehatan gratis ini di kolom komentar. Trimkasih.. 

1 Response to " [ KEREN ] Dokter Anik Sutari dan Dokter Ferihana, Dua Muslimah Yang Memberikan Pelayanan Kesehatan Gratis Kepada Masyarakat "