Kajian Akibat Riba Bagi Bisnis Dan Perekonomian Oleh Pengusaha Rindu Syariah Yogyakarta

Pernah mendengar dari pengajian-pengajian mengenai dosa riba? Beberapa tahun yang lalu mungkin jarang, namun saat ini banyak lho yang membahas seputar riba. Ustadz-ustadz seperti Ustadz Ammi Nur Baits, Muhammad Arifin Baderi Lc, Muhammad Saifudin Hakim, Muhammad Abduh Tuasikal dan yang lain pun mulai meakukan pembahasan seputar riba. Mereka sepakat mengenai hukum riba dalam Islam, yaitu haram. Dan beliau-beliau selalu menganjurkan untuk meninggalkan riba semaksimal mungkin, bertaqwa dengan penuh ketaqwaan sebagaimana jalan hidup para salafush sholeh dalam menghindari maksiat. Nih jika tidak percaya kami kutipkan salah satu hadist tentang dosa riba yang begitu besar.

«الرِّبَا سَبْعُوْنَ حُوْبًا أَيْسَرُهَا أَنْ يَنْكِحَ الرَّجُلُ أُمَّهُ» 

Riba itu (ada) 70 dosa. Yang paling ringan adalah (seperti) seorang laki-laki yang menikahi ibunya sendiri (HR Ibn Majah, al-Baihaqi, Ibn Abi Syaibah dan Ibn Abi Dunya).

Nah, pada kesempatan kali ini juga ada kajian tentan riba dalam Islam lho. Kajian yang diberi tajuk Islamic Business Coaching ini diadakan oleh Pengusaha Rindu Syariah (PRS) chapter Jogja ini mengambil tema : Akibat Riba Bagi Bisnis Dan Perekonomian. Sebuah tema yang tidak hanya membahas hukum riba untuk individu saja, namun juga membahas akibatnya dalam bisnis dan perekonomian. Atau lebih kerennya sering disebut dengan aspek makro ekonomi lah. he he. Kajian dari PRS Jogja ini insyaa Allah akan di isi oleh Dr Dwi Condro Triono PhD. Beliau adalah salah seorang pakar ekonomi Islam di Indonesia. Salah satu karya beliau adalah buku Ekonomi Islam Mazhab Hamfara. Sebuah buku ekonomi Islam yang cukup lengkap dan layak menjadi rujukan umat Islam.

Pengumunan IBC dari Pengusaha Rindu Syariah Jogja
Kapan dan dimana? Insyaa Allah akan diadakan pada Kamis, 26 Mei 2016 jam 19.30 sd 22.00 di hall JBN dekat stadion Kridosono Kotabaru Jogja. Jadi tak ada salahnya untuk mengkosongkan jadwal dan mendapatkan pembahasan tentang ekonomi ribawi dan cara mengatasinya dalam Islam secara komprehensif. Mengatasi hingga ke akar masalahnya. Bukan hanya kita berlari menjauhi riba saja. Siap?.. Ajak yang lain dan silahkan jika ingin membantu share berita ini kepada yang lain.. Ada pertanyaan silahkan kirimkan di kolom komentar dengan sopan yak.. ^_^

0 Response to " Kajian Akibat Riba Bagi Bisnis Dan Perekonomian Oleh Pengusaha Rindu Syariah Yogyakarta "

Posting Komentar