Asal Muasal Aksi Bela Islam III, 2 Desember 2016 (Aksi 212)

Mungkin ada sebagian sahabat yang bertanya mengenai asal muasal aksi 212. Hal tersebut adalah wajar-wajar saja. Mengingat, sesuatu yang besar pasti ada pemicunya. Nah, kali ini kami sampaikan sebuah tulisan pendek dari Prof Fahmi Amhar tentang timeline aksi bela Islam III di Jakarta tempo hari. Kami ambil dari halaman facebook beliau.

Bendera Hitam Yang Fenomenal Di Aksi 212

==================START==================

ASAL MUASAL 212

 4 Sept 2016 - aksi damai "Haram Pemimpin Kafir" di patung kuda Monas. Dalilnya antara lain QS Al-Maidah:51. Aksi ini dilakukan oleh HTI yang tidak terkait dalam kelompok pendukung cagub manapun. Aksi ini diteruskan dengan unggahan video oleh aktivis Gema Pembebasan UI, sehingga Ahok marah dan meminta ke Rektor UI agar memecat mahasiswa itu.

2. 27 Sept 2016 - Ahok marah-marah di forum dinas di Kep. Seribu, mengatakan "Jangan mau dibohongin pakai ayat al-Maidah 51". MUI merespon kata-kata Ahok itu dengan mengeluarkan pernyataan sikap (lebih kuat dari fatwa) bahwa itu suatu bentuk penistaan agama.

14 Okt 2016 - Demo sehabis sholat Jum'at dari Istiqlal ke Balai Kota menentang penistaan agama. Demo ini sekalipun sempat memacetkan jalan, tapi tidak dimuat di media mainstream.

4 Nov 2016 (aksi 411) - Aksi damai besar-besaran sehabis sholat Jum'at dari Istiqlal hingga istana. Tertib, tapi di akhir ada kericuhan karena ulah provokator. Setelah aksi ini, Ahok dijadikan tersangka oleh Polisi.

2 Des 2016 (aksi 212) - Aksi super damai dengan jumlah massa ditaksir 4 kali aksi 411, karena tergerak oleh militansi peserta aksi dari Ciamis, yang nekad berjalan kaki setelah para penyedia jasa bus mengaku ditekan agar tidak menyewakan busnya untuk peserta aksi. Bentuk aksi adalah duduk bareng dari pukul 8 hingga selesai sholat Jum'at di Monas, tapi meluber hingga Kwitang dan Bunderan HI.

================END=====================

Terlepas dari titik awal dimulainya aksi 212, menurut kami kebijakan dari Gubernur Jakarta Basuki Cahya Purnama alias Ahok lah yang membuat umat Islam tidak rela dengannya. Yang paling keren dari aksi 212 ini menurut kami adalah saat bendera hitam (Ar Rayyah) raksasa diarak oleh jutaan umat melintasi lapangan Monas. Sungguh umat amat rindu akan kemuliaan Islam. Kita berharap ending dari perjuangan ini membuat umat Islam sadar akan pentinyanya penerapan Islam dalam kehidupan. Ya, seperti kasus Ahok ini, tanpa sistem Islam, umat seperti di PHP in. Mau sampai kapan? Wallahu alam bishowab

0 Response to " Asal Muasal Aksi Bela Islam III, 2 Desember 2016 (Aksi 212) "

Posting Komentar