Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Macam Bentuk dan Fungsi Tas yang Sering Digunakan Sehari-hari


Tas dibuat dengan berbagai macam bentuk. Ada tas yang berukuran besar untuk membawa berbagai barang yang berat, ada tas yang berukuran kecil juga. Ada tas yang berbahan kain, ada juga tas yang terbuat dari kulit. Ada tas yang dipakai dibahu, ada tas yang didorong menggunakan roda. Berbagai bentuk tas ini dibuat sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Berbagai macam bentuk tas


Tas sebenarnya sudah ada sejak zaman purba. Pada waktu itu orang-orang purba membuat tas dari kulit hewat atau dari sisa-sisa tumbuhan untuk membawa alat pertanian dan hasil panen mereka. Nah, saat ini tas berbentuk apa saja dan apa fungsinya?

Koper, sumber : Bukalapak


1. Koper


Koper juga merupakan tas yang digunakan dan sering dijumpai. Tas yang satu ini sering terlihat di tempat-tempat seperti bandara, stasiun kereta atau terminal bus. Bentuknya lebih besar dari tas-tas sebelumnya dan memiliki roda dan engsel sehingga dibawa dengan cara ditarik atau didorong.

Sesuai ukurannya yang besar serta cara membawanya, koper adalah penyimpanan barang-barang besar dan berat. Selain itu, tas ini penggunaannya untuk membawa barang-barang besar dan berat ke tujuan yang jauh. Sehingga memang lebih sering terlihat pada orang-orang yang akan melakukan perjalanan jauh.

2. Backpack atau Ransel


Tas backpack atau ransel adalah tas yang paling sering ditemukan dimana-mana, termasuk oleh wanita. Tas ini digunakan dipunggung dengan menggunakannya di bahu pada kedua lengan. Namun tas ini tidak didesain sembarangan.

Backpack adalah tas yang memudahkan seseorang untuk menggerakkan tangannya. Selain itu, beban yang terletak di punggung memungkinkan seseorang untuk membawa barang hingga mencapai berat tertentu. Jadi, tas backpack cocok untuk dipakai saat bekerja, kuliah, traveling dan kegiatan lainnya yang sejenis.

3. Sling bag (selempang)


Sling bag seolah tampak hanya sekedar aksesoris pemanis fashion. Tetapi sebenarnya sebagaimana bentuk tas lainnya, Sling bag memiliki fungsinya tersendiri berdasarkan bentuknya. Sling bag sering menjadi teman saat melakukan traveling atau menikmati suasana tanpa harus membawa banyak keperluan.

Sling bag memang dipakai untuk melindungi barang kecil namun penting seperti gadget, dompet dan yang sejenisnya. Model yang satu ini memang tidak begitu besar karena bukan diperuntukkan membawa beban yang besar. Selain itu, sling (selempang) dapat memudahkan untuk mengakses barang yang dibawa didalamnya karena fleksibel (bisa diubah-ubah posisinya).

4. Tote Bag


Tote bag adalah tas yang dipakai disamping hampir sama dengan sling bag. Namun bedanya tote bag memiliki akses yang besar dan ukuran lebar tasnya juga lebih besar dibandingkan sling bag. Tas ini disinyalir dipopulerkan pertama kali di Amerika. Apa fungsinya menurut bentuk yang ada?

Tote bag biasanya digunakan untuk memuat barang-barang yang ringan namun bentuknya besar. Karenanya, tas ini sering menjadi teman untuk membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari ke pasar. Meskipun begitu, saat ini terdapat tote bag yang stylish yang juga bisa digunakan untuk acara-acara khusus.

5. Waist bag


Dilihat dari penyebutannya, kata waist berasal dari bahasa Inggris yang maknanya adalah pinggang. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa tas ini merupakan tas yang dipakai di pinggang. Ukurannya kecil hampir seperti sling bag, namun tidak memiliki tali selempang dan ukurannya lebih memanjang.

Jika Anda sering melihatnya digunakan oleh pedangang untuk menjadi penyimpanan barang transaksi, maka begitulah fungsinya. Tas ini digunakan untuk menyimpan barang yang mudah diakses dan lebih luas penyimpanannya. Saat ini banyak waist bag yang modis dan cocok untuk menjadi pelengkap fashion yang trendy untuk wanita.

Tote Bag, sumber : Blibli.com


6. Clutch bag


Clutch bag adalah tas yang biasanya digunakan dengan cara dipegang. Bentuknya hampir sebesar dompet, namun lebih besar lagi. Dilihat dari bentuknya dan cara membawanya, tas yang satu ini memang digunakan untuk bergaya dan matching dengan fashion yang digunakan. Clutch adalah item yang biasanya dibawa untuk menghadiri acara-acara formal.

Itu dia berbagai bentuk tas yang ada. Mungkin masih terdapat bentuk lainnya. Jika Anda membutuhkan tas kulit dan paket premium kit, kunjungi Aleta Leather. Semoga informasi di atas dapat menjadi wawasan menarik untuk Anda.

Posting Komentar untuk "5 Macam Bentuk dan Fungsi Tas yang Sering Digunakan Sehari-hari"