Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Tempat Strategis Untuk Usaha Busana

Usaha busana masih menjadi salah satu bisnis yang terus mengalami berkembang. Perkembangan usaha dalam bidang busana ini terlihat dari semakin beragamnya jenis usaha busana itu sendiri yang tentunya berperan besar dalam mempermudah masyarakat untuk mengakses jenis busana yang mereka inginkan dan butuhkan.

Perkembangan usaha busana juga turut didukung oleh era industri 4.0 ini, berikut berbagai perkembangan teknologi yang ada hingga saat ini. Dengan begitu, tentu saja hal ini memberikan peluang yang cukup besar untuk memulai usaha busana.

Tentu saja, adanya peluang dalam bisnis tidak serta merta cukup untuk kita bisa memulai bisnis tersebut. Ada hal-hal yang juga lerlu anda perhitungkan dan pertimbangkan. Mulai dari target pasar tertentu, keunikan atau value, jenis usha busana, sampai dengan pemilihan tempat yang strategis bagi usaha busana anda.

Jenis-Jenis Usaha Busana

Contoh butik wanita. Sumber : unsplash.com


Sebelum masuk dalam pembahasan pemilihan tempat strategis bagi usaha busana antara ruko ataukah kios, pembahasan seputar jenis-jenis usaha busana juga penting untuk diketahui. Hal ini guna memudahkan identifikasi jenis usaha yang sedang atau akan anda jalankan baik usaha tas kulit sampai dengan busana. Untuk selanjutnya memilih tempat yang cocok sesuai dengan jenis usaha busana.

Usaha Busana Konveksi

Usaha busana konveksi maksudnya adalah jenis usaha busana yang dilakukan secara besar-besaran atau dalam bentuk massal. Atau usaha konveksi juga bisa disebut dengan home industri atau usaha rumahan. Oleh karena itu dengan produksinya yang sangat besar usaha konveksi juga disebut garmen.

Usaha Busana Modiste

Moditse merupakan usaha busana yang mengerjakan busana wanita dan anak dengan pengerjaan yang masih sangat sederhana. Oleh karena itu di modiste hampir semua pekerjaannya dilakukan secara personal atau sendiri, mulai dari mengukur baju, memotong, menjahit hingga penyelesaian.

Usaha Busana Boutique

Butik adalah tempat dimana terdapat sejumlah busana eksklusif yang dijahit halus dan tidak diproduksi secara massal. Atau sebuah toko pakaian yang menjual berbagai macam pakaian dan pelengkap pakaian yang berkualitas tinggi dan ekslusif.

Pertimbangan Strategis Lokasi Usaha

Ilustrasi pemilihan lokasi usaha yang strategis. Sumber : google.com


Tempat atau lokasi usaha sangat berperan signifikan pada usaha itu sendiri. Karena itu pemilihan lokasi usaha yang banyak ditangani olehsejumlah  jasa kontraktor jogja harus betul-betul berdasarkan pada pertimbangan strategis, agar didapati lokasi usaha yang tepat untuk mendukung pertumbuhan usaha. Berikut pertimbangan umumnya.

Kepadatan Penduduk

Upayakan untuk memilih lokasi usaha yang dengan kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Semakin tinggi kepadatan penduduk di suatu lokasi, maka semakin besar pula peluang pasar bagi sebuah usaha. Hal ini akan sangat jelas jika kita coba membandingkan bagaimana pertumbuhan usaha di kota dengan usaha di desa meski dengan jenis usaha yang sama.

Pendapatan Masyarakat

Pada umumnya besaran pendapatan masyarakat akan mempengaruhi besaran konsumsi. Besaran konsumsi inilah yang nantinya juga akan mempengaruhi sejauh mana potensi pasar pada lokasi tersebut. Untuk itu, memilih lokasi dengan tingkat pendapatan yang mendung menjadi sangat dianjurkan.

Pertimbangan Dana

Dalam proses pemilihan lokasi strategis juga tidak boleh melupakan kekuatan dana perusahaan. Sebab jika menemukan tempat strategis namun dengan budget jauh di atas kemampuan perusahaan juga tidak ada artinya. Lokasi usaha yang ada di keramaian seperti mall misalnya, atau di pinggir jalan yang strategis tentu harga sewanya lebih mahal dibandingkan lokasi usaha yang kurang strategis. Untuk itu sesuaikan dana yang Anda miliki, dengan lokasi usaha yang akan anda pilih.

Tingkat Kompetisi

Jika di lokasi tersebut sudah banyak usaha yang sama atau sejenis dengan usaha Anda seperti sama-sama jualan kaos misalnya, sebaiknya lokasi seperti ini dihindari. Lain cerita jika lokasi tersebut memang strategis ditambah dengan kesiapan anda dan bisnis anda dalam berinovasi untuk sebaik mungkin memberikan pelayanan dan produk kepada konsumen. Namun jika anda tidak cukup yakin, maka sebaiknya lokasi dengan tingkat persaingan yang tinggi sebaiknya dihindari.

Akses Lokasi

Lokasi yang strategis mudah diakses konsumen. Sumber : google.com

Upayakan untuk memilih lokasi usaha yang mudah di akses oleh para konsumen. Jika memang memungkinkan, anda bisa memprioritaskan pilihan pada lokasi usaha yang banyak dilalui oleh transportasi umum. Atau mudahnya lokasi terletak tidak jauh dari jalan utama. Hal ini tentu saja agar konsumen yang tidak memiliki kendaraan pribadi juga bisa menjangkau lokasi usaha Anda.

Kebersihan Lokasi

Tidak perlu diragukan lagi bahwa konsumen tidak akan mengunjungi atau setidaknya akan lebih menghindari sebuah toko, warung ataupun sebuah outlet yang berada di lingkungan kotor atau kumuh meski toko teersebut bersih. terlebih jika toko itu sendiri kumuh. Jangankan tertarik pada produk anda, memasuki toko saja konsumen akan befikir dua kali.

Memilih Lokasi Usaha

Meski sudah mempertimbangkan sisi strategis lokas usaha, masih terdapat beberapa hal yang juga perlu untuk dipastikan sebelum benar-benar memulai membuka jasa konveksi. Antara lain adalah memastikan bahwa lokasi yang anda targetkan memang benar-benar memungkinkan untuk terakses dengan mudah oleh para konsumen target pasar anda.

Selain itu juga perlu diperhatikan bahwa lokasi atau tepatnya toko ataupun ruko usaha busanaa anda relatif mudah untuk terlihat. Sebab dengan keberadaan yang mudah terlihat meski tidak harus menonjol, itu sudah cukup membuka peluang bagi anda untuk bisa mendapatkaan kunjungan aatau setidaknya ketertaarikan para calon pelaanggan.

Sampai di sini bagi anda yang masih bimbang dalam memilih lokasi usaha, antara menyewa ruko atau kios misalnya, makaa anda bisa mempertimbangkan pemilihan lokasi usaha anda berdasarkan beberapa tips di atas. Mudah-mudahan bisa bermanfaat,. Simak ulasan lainnya di laman yang juga sama. Sekian dan terima kasih.


Posting Komentar untuk "Tips Memilih Tempat Strategis Untuk Usaha Busana"