Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lebih Dekat 6 Manfaat Pohon Siwak, Solusi Gigi Sehat Alami

Pohon siwak atau yang bisa dikenal dengan nama latin Salvadora persica merupakan tanaman yang termasuk ke dalam spesies Salvadora. Terkhusus banga Arab, masyarakatnya biasa menyebut dengan nama pohon arak, pilu, Salvadora indica, atau Galenia Asiatica. 

Pohon siwak sendiri termasuk ke dalam kategori semak belukar atau pohon kecil, dimana tanaman tersebut tersusun dari dahan yang berliku-liku dan jarang sekali memiliki diameter yang seragam. Tanaman kecil ini pun memiliki banyak sekali kegunaan untuk kesehatan. 

WHO pun merekomendasikan siwak sebagai pembersih gigi dan mulut alami. Tidak hanya itu, pemanfaatannya untuk membersihkan gigi pun sudah digunakan sejak zaman Rasulullah. 

Keutamaannya diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a, bahwa Rasulullah saw bersabda, “Seandainya tidak memberatkan umatku, atau tidak memberatkan manusia aku pasti memerintahkan mereka semua untuk bersiwak bersamaan dengan setiap kali shalat” (Muttafaqun ‘alaih) HR. Bukhari no. 887 dan Muslim no. 452. 

Zat Aktif Pada Pohon Siwak

Siwak dengan ragam manfaaatnya. Sumber: istockphoto.com

Beberapa zat aktif yang terkandung di dalam siwak yang kinerjanya mampu mendukung dan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. Berikut ini beberapa dari bahan aktif tersebut. 

1. Resin, merupakan eksudat atau getah yang dikeluarkan oleh tumbuhan yang biasanya dikeluarkan oleh jenis pohon runjung (konifer) memiliki fungsi melindungi gigi terhadap karies dengan cara membentuk lapisan di sekitar enamel gigi. 

2. Silika, fungsinya berperan melawan plak dan memutihkan gigi. 

3. Alkaloid, fungsinya sebagai antibakteri dan antijamur pada gigi. 

4. Belerang, hampir sama dengan alkaloid, belerang memiliki fungsi antibakteri dimana akan melindungi gigi dari bakteri. 

5. Vitamin C, fungsinya adalah untuk membantu perbaikan jaringan pada gigi dan mencegah kerusakan pada gigi serta mulut. 

6. Kalsium, fungsi dari zat ini adalah untuk memberikan mineral pada enamel gigi. 

7. Fluorida dan Klorida, berperan penting dalam kebersihan mulut serta membantu dalam mineralisasi. 

8. Asam tanin, berfungsi untuk mengurangi plak dan sebagai anti radang pada gusi. 

9. Sodium bicarbonate, sama dengan silika fungsinya yaitu membantu untuk memutihkan gigi. 

10. Minyak atsiri, fungsinya yaitu memberikan aroma segar dimana mampu menghilangkan bau mulut dan merangsang produksi air liur. 

Itulah zat aktif yang ada di dalam pohon siwak, dimana saat sudah menjadi siwak seperti yang hari ini sudah tersebar luas siwak memiliki banyak sekali manfaat dari zat-zat aktif tersebut. Berikut ini kami paparkan mengenai manfaat dari kandungan zat aktif di atas.

Manfaat Pohon Siwak Bagi Gigi dan Mulut

Setelah mengetahui sedikit fungsi dari zat yang terkandung di dalam pohon siwak akan kurang jika Anda tidak mengetahui manfaat dari pengaplikasian sediaan siwak untuk gigi dan mulut Anda. Berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika rutin memakai siwak:

1. Membantu Mengatasi Gigi Berlubang

Penampakan gigi berlubang. Sumber: unsplash.com

Sebab kandungan alkaloid dan belerang pada pohon siwak menjadikannya memiliki efek antibakteri yang kerjanya berperan aktif dalam melindungi gigi dari plak dan karang gigi yang membandel dan tak kalah penting adalah kuman dan bakteri dapat diatasi secara maksimal. 

Bakteri dan karang gigi sendiri merupakan penyebab gigi berlubang, sehingga akibatnya saat gigi berlubag menjadi lebih cepat apuh dan rusak. Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan atau minuman yang memicu terjadinya gigi berlubang.

2. Membersihkan dan Melindungi Gigi

Kandungan senyawa yang terkandung yakni silika dapat membantu menghilangkan noda alami. Dimana jika Anda menggunakannya secara rutin maka tak hanya efek bersih saja yang didapat melainkan noda kuning atau kehitaman akibat nikotin dan kopi dapat hilang. 

Selain itu silika didukung senyawa kalsium, klorida, dan fluorida juga membantu menguatkan gigi. Sehingga khasiatnya akan terasa jika Anda menggunakannya dengan rutin. 

3. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut merupakan salah satu masalah krusial yang sangat mengganggu. Tahukah Anda jika bau napas yang Anda alami disebabkan oleh penurunan produksi air liur? Yap, betul sekali. 

Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan siwak. Sebab kandungan tanin pada pohon siwak berfungsi secara alami untuk merangsang produksi air liur. Selain itu zat aktif minyak atsiri juga dapat memberikan rasa dan aroma yang lembut pada mulut. 

Manfaat tersebut juga didukung oleh zat aktif alkaloid, dimana berdasarkan jurnal yang berjudul A Review of the  Therapeutic Effects of Using Miswak (Salvadora Persica) on Oral Health, kandungan alkaloidnya dapat membunuh bakteri patogen penyebab bau mulut. 

4. Memperkuat Kesehatan Gusi 

Kesehatan gusi tidak kalah penting. Sumber: unsplash.com

Gusi pada gigi merupakan jaringan lunak yang mengelilingi gigi dimana jaringan tersebut berfungsi untuk pelindung dan penyangga. Sehingga pengaruhnya besar terhadap kesehatan gigi, untuk itu Anda dapat secara alami melindungi fungsinya dengan siwak. 

Kotoran akibat residu makanan ini juga merupakan pemicu terbentuknya plak dan karang gigi, yang lebih kompleks dapat memicu masalah baru seperti gingivitis, periodontitis, dan periodontitis lanjutan.

Nah, selain bagus untuk meredakan radang gusi akibat gingivitis siwak juga dapat mengikis plak dan tartar  yang menumpuk di gigi. Jangan lupa untuk menyikat gigi dengan siwak ya, sob!

5. Memutihkan Gigi

Manfaat pohon siwak kali ini datang dari zat aktif silika dan sodium bikarbonat, tak lupa antibakteri dan abrasifnya. Zat aktif tersebut bekerja dengan cara mencegah terjadinya penumpukan plak dan bakteri atau kuman. 

Penggunaan siwak secara rutin dapat merontokkan plak sehingga gigi lebih bersih dan cerah dibandingkan sebelumnya. 

6. Antikarsinogenik dan Analgesik 

Pohon siwak mengandung enzim antioksidan, seperti peroksidase katalase juga sifat antikarsinogenik lainnya. Dimana enzim tersebut dapat mencegah perkembangan sel kanker, khususnya kanker mulut. Selain itu kandungan tersebut juga sebagai analgesik atau anti nyeri yang dapat meredakan sakit akibat nyeri.

Nah, jadi itulah informasi mengenai pohon siwak mulai dari sedikit sejarah, zat aktif, dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Dengan berbagai keunggulannya tidak ada salahnya Anda menggunakan siwak sebagai solusi alami untuk kesehatan gigi Anda. Jika perlu Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter gigi terdekat. Sekian, semoga bermanfaat ya, sob! 



Posting Komentar untuk " Mengenal Lebih Dekat 6 Manfaat Pohon Siwak, Solusi Gigi Sehat Alami"