Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahukah Anda? Jack Sparrow Dalam Film Pirates Of Carribean Sumber Inspirasinya Dari Pahlawan Islam

Siapa tak kenal tokoh Jack Sparrow? Salah satu karakter yang punya magnet kuat dalam film Pirates of Carribean ini memang mendapat tempat tersendiri dihadapan pecinta film Hollywood. Namun, tahukah kita, ternyata inspirasi tokoh Jack Sparrow tersebut datang dari sosok asli seorang muslim. Hal tersebut terungkap dari penuturan akun instagram @chalifa.kids, sebuah brand kaos muslim anak dengan tema pahlawah Islam yang sudah menginspirasi banyak anak di seluruh Indonesia. Jika ingin kaos yang menginspirasi ayah Islami bisa cari ig @kaosbapaksholeh. :)  

Berikut penjelasan seputar Islamnya tokoh nyata Jack Sparrow:

Jack Sparrow - Salah Satu Tokoh Islam
Jack Sparrow - Salah Satu Tokoh Islam - Sumber pic : ig @chalifa.kids
======================================
Jack Ward atau Jack Birdy atau kemudian dikenal dengan Jack Sparrow adalah pria kelahiran Inggris yang memeluk Islam, Berganti nama menjadi Yusuf Reis, kemudian lari ke Tunisia dan bergabung dengan armada Amirul Bahr (Admiral) Khairuddin Barbarossa, tokoh legendaris bajak laut yang sebenarnya adalah pemimpin angkatan Laut Khilafah Utsmani di era Khalifah Sulaiman Al Qanuny. Barbarossa dikenalkan barat sebagai tokoh bengis dalam Pirates of Caribbean dan tokoh bodoh dalam film anak anak. Padahal Khairuddin Barbarossa (Khairuddin Sang Jenggot Merah) dikenal sebagai pahlawan yang menyelamatkan umat Islam dari pengusiran pasca reconquista di Spanyol, dimana pilihan bagi muslim saat itu adalah memeluk kristen, pergi dari andalusia atau dibunuh. Khairuddin juga pahlawan laut tengah, membebaskan daerah daerah pesisir afrika utara dari ekspansi eropa, dan memukul mundur pasukan laut terbaik eropa dengan admiral terbaik Andrea Doria. 

Wajah sejarah abad pertengahan memang banyak dibelokkan, rentang di mana Peradaban Islam bertabur ilmuwan dan para pahlawan. Saatnya mengenalkan generasi ini dengan para panutan dan pahlawannya.

Salah satu bahan bacaan :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Khairuddin_Barbarossa
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Jack_Ward
=====================================
Silahkan share, semoga bisa menjadi amal sholih bagi kita semua. Inspiring the world  with Islam.

Posting Komentar untuk "Tahukah Anda? Jack Sparrow Dalam Film Pirates Of Carribean Sumber Inspirasinya Dari Pahlawan Islam"