Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Masjid Populer Untuk Kajian Di Jogja

Jogjakarta memang dikenal dengan provinsi yang sering mengadakan kajian Islam. Hampir disetiap Masjid besar di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki waktu rutin kajian dalam satu pekan. Kajian rutin tersebut biasa diperuntungkan bagi masyarakat sekitar dengan waktu pelaksanaan biasanya Ba’da Sholat Subuh dan Ba’da Sholat Magrib.

Apalagi ketika memasuki bulan Suci Ramadhan, hampir satu bulan penuh kajian dilaksanakan hampir di setiap Masjid. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun ketika Bulan Suci Ramadhan. Pengisi Kajian tidak hanya berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), namun Ustadz dan Ustadzah nasional bahkan mancanegara diundang untuk mengisi Kajian Islam tersebut.

Kajian Islam di Masjid Nurul Ashri, Sumber: Instagram/@masjidnurulashri

Ketika anda berkunjung ke Jogja baik untuk urusan kerja, berwisata, atau bersilaturahmi dengan kerabat. Tidak ada salahnya anda hadir dalam kajian Islam yang diadakan di beberapa Masjid besar di Jogja. Anda akan merasakan bak Masjid yang indah dari berbagai penjuru dunia ketika melihat banyak Masjid-masjid di Jogja yang mengadakan Kajian Islam.

Masjid-masjid di Jogja ini sering mengadakan kajian Islam yang diperuntungkan tidak hanya untuk masyarakat sekitar namun masyarakat umum. Apa saja nama Masjid-masjid  tersebut, berikut kami berikan informasinya untuk anda.

1. Masjid Jogokariyan

Nama Masjid Jogokariyan mungkin tidak asing terdengar di telinga anda, bukan!. Masjid yang satu ini terkenal tidak hanya dalam lingkup lokal, namun Nasional bahkan Internasional. Masjid ini terkenal dengan pengelolaan keuangan Masjid Shalat Jum’at. Dimana setiap pekan, ketika Shalat Jum’at dilakukan, Pihak Pengelola Masjid selalu menyampaikan informasi bahwa saldo Shalat Jum’at tersisa Rp. 0.

Masjid Jogokariyan, Sumber: Instagram/@masjidjogokariyan

Informasi ini jelas membuat setiap Jamaah Sholat Jum’at yang mendengarnya menjadi kaget, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali melaksanakan Shalat Jum’at di Masjid Jogokariyan.  Selain itu, Masjid Jogokariyan cukup terkenal dengan pelaksanaan Kampung Ramadhan Jogokaryan (KRJ) yang dilaksanakan pada Bulan Ramadhan setiap tahun.

Dimana akan banyak pedagang kaki 5 sepanjang jalan Masjid Jogokariyan yang menjualkan jajanannya menjelang buka Puasa sekitar pukul 15.00 hingga 20.00 WIB, dengan harga yang cukup terjangkau tentunya. Selain itu, Pihak Masjid Jogokariyan akan menyediakan Makanan dan Minuman Buka Puasa 1.000 porsi setiap harinya selama bulan Ramadhan. Ditambah lagi, setiap waktu tertentu akan dilaksanakan Kajian Islam dengan mengundang Ustadz dan Ustadzah.

Tidak hanya saat bulan Ramadhan, Kajian Islam juga diadakan pada hari-hari tertentu selain bulan Ramadhan, dengan mengundang Ustadz / Ustadzah ternama yang berasal dari wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, tingkat Nasional, bahkan Internasional. Agar anda selalu update informasi Kajian Islam yang diadakan di Masjid Jogokariyan bisa pantau melalui akun instagram @masjidjogokariyan.

Masjid Jogokariyan berlokasi di Jl. Jogokaryan No.36, Kelurahan Mantrijeron, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman dikenal dengan sejarahnya yang merupakan saksi bisu penyebaran Islam di tanah Daerah Istimewa Yogyakarta. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Kesultanan Ngayogyakarta. Tidak heran Masjid ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang lokal, nasional, hingga mancanegara. Masjid ini juga merupakan Pusat Mualaf Center Yogyakarta. Hampir setiap pekan, para mualaf berdatangan untuk mengucapkan 2 Kalimat Syahadat.

Masjid Gedhe Kauman, Sumber: Instagram/@mesjidgedhe_official

Asyhadu an La Ilaha Illa Allah, wa Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah”, Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad SAW adalah Rasul utusan Allah. Dengan mengucapkan 2 Kalimat Sahabat maka seseorang tersebut sudah dinyatakan memeluk Agama Islam, kemudian menjalankan berbagai kewajiban sebagai sebagai seorang Islam.

Masjid Gedhe Kauman, setiap hari selama bulan Ramadhan mengadakan Kajian Islam. Selain bulan Ramadhan, ada waktu-waktu tertentu selama satu pekan mengadakan Kajian Islam. Biar anda tidak ketinggalan informasi mengenai Kajian Islam yang diadakan di Masjid Gedhe Kauman bisa pantau melalui akun instagram @mesjidgedhe_official dan @mesjidgedhe.

Masjid Gedhe Kauman merupakan iconic Masjid di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sama halnya dengan Masjid Istiqlal Jakarta yang merupakan iconic Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Masjid Gedhe Kauman berlokasi di Alun-Alun Keraton, Jl. Kauman, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Masjid Gedhe Mataram

Masjid Gedhe Mataram menjadi saksi bisu sejarah kejayaan Kerajaan Islam Mataram di masa lampau. Meskipun Masjid Gedhe Mataram masuk wilayah Administratif Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta secara tidak langsung dibawah pengelolaan Kesultanan Yogyakarta. Namun, pengelolaan Masjid ini juga masih dibawah naungan Kasunan Surakarta.

Masjid Gedhe Mataram, Sumber: Instagram/@masjid.gedhe.mataram

Masjid Gedhe Mataram berdiri sejak Kerajaan Islam Mataram masih utuh atau sebelum terpecah menjadi 2 wilayah yakni Kesultanan Yogyakarta dan Kasunan Surakarta. Masjid ini masih menjadi incaran wisatawan untuk berkunjung, karena kemegahan bangunan sekitar Masjid Gedhe Mataram yang menjadi bekas Ibukota Kerajaan Mataram Islam masih utuh.

Masjid Gedhe Mataram sering mengadakan kajian Islam, apalagi ketika bulan Ramadhan hampir setiap hari diadakan. Sedangkan pada hari-hari biasa diadakan pada waktu tertentu setiap pekan. Biar anda tidak ketinggalan informasi mengenai Kajian Islam yang diadakan di Masjid Gedhe Mataram bisa pantau melalui akun instagram @masjid.gedhe.mataram.

Baca Juga: Spot Menarik di Kotagede Jogja

Masjid Gedhe Mataram berlokasi di Jl Masjid Besar, Dusun Sayangan, Desa Jagalan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau berbatasan langsung dengan Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, sehingga tidak heran apabila Masjid Gedhe Mataram sering disebut sebagai Masjid Gedhe Mataram Kotagede.

4. Masjid Syuhada

Masjid yang sering mengadakan kajian Islam berikutnya adalah Masjid Syuhada. Nama Masjid "Syuhada" yang dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai "pejuang". Masjid ini memang menjadi salah satu Masjid yang menyimpan nilai sejarah, terutama berkaitan dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Masjid itu selesai dibangun dan diresmikan pada tanggal 20 September 1952.

Masjid Syuhada, Sumber: Instagram/@masjidsyuhada

Pembangunan Masjid Syuhada sendiri juga didasari karena tidak adanya tempat ibadah bagi umat Islam di Kotabaru kala itu, mengingat disampingnya berdiri megah bangunan Gereja Huria Kristen Batak Protestan. Selain itu, pemerintah Indonesia juga bermaksud memberikan hadiah kepada rakyat Yogyakarta atas perjuangan mereka dalam melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Dibalik megahnya bangunan Masjid Syuhada ada kontribusi Pemerintah, Masyarakat, dan jasa kontraktor bangunan Jogja yang bekerja dengan penuh semangat. Masjid Syuhada berlokasi di Jl. I Dewa Nyoman Oka, No.13, Kelurahan Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Biar anda tidak ketinggalan informasi mengenai Kajian Islam yang diadakan di Masjid Syuhada Kotabaru bisa pantau melalui akun instagram @masjidsyuhada.

5. Masjid Nurul Ashri Deresan

Bagi kalangan mahasiswa dan mahasiswi Jogja, Masjid Nurul Ashri Deresan tidak asing lagi terdengar. Masjid yang satu ini memang menjadi langganan mahasiswa dan mahasiswi untuk hadir kajian Islam, buka bersama saat bulan Ramadhan, serta kegiatan bakti sosial lainnya. Banyaknya mahasiswa dan mahasiswi yang ikut partisipasi di setiap acara Masjid yang satu ini, karena Masjid ini dikelola oleh sebagian besar mahasiswa dan mahasiswi yang tinggal di sekitar Masjid.

Masjid Nurul Ashri, Sumber: Instagram/@masjidnurulashri

Uniknya lagi, berbagai mahasiswa dan mahasiswi yang telah menjadi alumni masih berkontribusi dalam acara yang diadakan oleh Masjid Nurul Ashri Deresan seperti menjadi donatur dan membantu mencari donatur. Masjid Nurul `Ashri berlokasi di Perum UNY, Jl Deresan III, Desa Manggung, Kec. Caturtunggal, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Agar anda tidak ketinggalan berbagai acara yang diadakan di Masjid Nurul ‘Ashri, salah satunya Kajian Islam, bisa memantau melalui Instagram @masjidnurulashri.

6. Masjid Pogung Raya dan 7. Masjid Pogung Dalangan

Masjid yang sering mengadakan Kajian Islam berikutnya adalah Masjid Pogung Raya dan Masjid Pogung Dalangan. Kedua Masjid ini berada pada lokasi yang tidak terlalu berjauhan, yakni berada di kompleks Pogung. Masjid Pogung Raya dan Masjid Pogung Dalangan (MPD) berlokasi di Pogung Kidul, Desa Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masjid Pogung Raya, Sumber: Instagram/@masjidpogungraya

Kedua Masjid berjarak sekitar 300 meter. Masjid Pogung Raya dan MDP tidak asing lagi terdengar di telinga mahasiswa dan mahasiswi Jogja, apalagi bagi mereka yang merupakan mahasiswa Universitas Gadja Mada karena kedua Masjid tersebut berada di Kompleks Kampus Universitas Gadja Mada.

Agar anda tidak ketinggalan informasi mengenai Kajian Islam rutin yang diadakan di Masjid Pogung Raya dan Masjid Pogung Dalangan serta kegiatan lainnya. Dapat memantau melalui Instagram @masjidpogungraya dan @masjidpogungdalangan.

Setiap Masjid Besar di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta pasti selalu mengadakan Kajian Islam rutin, baik ketika memasuki bulan Ramadhan, maupun hari-hari biasa. Ke 7 Masjid yang kami ulas diatas adalah sebagian dari banyaknya Masjid besar yang mengadakan Kajian Islam rutin yang mengundang berbagai Ustadz dan Ustadzah lokal, nasional, bahkan Internasional.


Posting Komentar untuk "7 Masjid Populer Untuk Kajian Di Jogja"