Perhatikan!!! Isi Pidato Abu Bakar Ash Shidiq RA ini Patut Menjadi Contoh Para Pejabat Negeri Ini

Belajar dari isi pidato Abu Bakar. Itulah pesan yang ingin kami sampaikan kepada para pemimpin di negeri ini. Saat kondisi morat marit seperti ini, akhlaq generasi rusak, ketauhidan digerus oleh kesyirikan dan kejadian tidak mengenakkan yang lain. Seorang pemimpin harus hadir untuk mentaati Allah dan Rasulnya melebihi apapun. Sehingga berkah Allah dari langit dan bumi akan tercurah kembali.

Al Quran Sebagai Sumber Inspirasi Pidato Abu Bakar

PIDATO ABU BAKAR ASH SHIDIQ, RA...

أَمَّا بَعْدُ... أَيُّهَا النَّاسُ فَإِنِّي قَدْ وُلِّيْتُ عَلَيْكُمْ وَلَسْتُ بِخَيْرِكُمْ فَإِنْ أَحْسَنْتُ فَأَعِيْنُوْنِيْ، وَإِنْ أَسَأْتُ فَقَوِّمُوْنِيْ، اَلصِّدْقُ أَمَانَةٌ وَاْلكَذِبُ خِيَانَةٌ، وَالضَّعِيْفُ فِيْكُمْ قَوِيٌّ عِنْدِيْ حَتَّى أُرْجِعَ عَلَيْهِ حَقَّهُ إِنْ شَاءَ اللهُ، وَاْلقَوِيُّ فِيْكُمْ ضَعِيْفٌ حَتَّى آخُذَ اْلحَقَّ مِنْهُ إِنْ شَاءَ اللهُ، 

لاَ يَدَعُ قَوْمٌ اْلجِهَادَ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ إِلاَّ خَذَلَهُمُ اللهُ بِالذُّلِّ، وَلاَ تَشِيْعُ اْلفَاحِشَةُ فِي قَوْمٍ إِلاَّ عَمَّهُمُ اللهُ بِاْلبَلاَءِ، أَطِيْعُوْنِيْ مَا أَطَعْتُ اللهَ وَرَسُوْلَهُ، فَإِذَا عَصَيْتُ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَلاَ طَاعَةَ لِيْ عَلَيْكُمْ» 

(رَوَاهُ ابْنُ إِسْحَاقَ، قَالَ ابْنُ كَثِيْرٍ: وَهَذَا إِسْنَادٌ صَحِيْحٌ)

"Amma ba‘du….Wahai umat manusia, aku telah diangkat sebagai pemimpin kalian padahal aku bukanlah yang terbaik di antara kalian. Jika aku berbuat baik, bantulah aku. Jika aku berbuat buruk, luruskanlah aku. Kejujuran adalah amanah. Dusta adalah pengkhianatan. Orang lemah di antara kalian adalah kuat bagiku sampai aku kembalikan hak yang menjadi miliknya, Insyâ Allôh. Orang kuat di antara kalian adalah lemah bagiku, sampai aku mengambil hak yang harus ia tunaikan, Insya Alloh. 

Tidaklah suatu kaum meninggalkan jihad di jalan Alloh melainkan Alloh akan mentelantarkan mereka dengan kehinaan. Dan tidaklah perbuatan seronok merajalela pada suatu kaum melainkan Alloh akan meratakan musibah kepada mereka. Taatilah aku selama aku mentaati Alloh dan Rosul-Nya, jika aku bermaksiat kepada Alloh dan Rosul-Nya maka tidak ada kewajiban taat bagi kalian kepadaku.” 

(Diriwayatkan oleh Abu Ishaq, Ibnu Katsir berkata, "Ini isnad-nya shohih)

Dari pidato  Khalifah Abu Bakar tersebut kita bisa mengambil pelajaran:
  1. Kerendahan hati seorang pemimpin
  2. Kerelaan untuk menolong
  3. Keteguhan menjalankan aturan Islam
  4. Keberanian
Semoga para pemimpin kita mau meneladani isi dari pidato Abu Bakar Ash Shidiq tersebut. Agar negeri ini segera terhindar dari berbagai macam kesulitan dan kerusakan akibat kemaksiatan yang semakin meraja lela. Sebagaimana firman Nya : 

“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (Al-A’raf: 96)

Silahkan share artikel berikut sebanyak mungkin, agar bisa dilihat oleh para pejabat di negeri ini. Jika ada hal yang ingin disampaikan bisa melalui kolom komentar. Jazakumullah khair.. 

1 Response to " Perhatikan!!! Isi Pidato Abu Bakar Ash Shidiq RA ini Patut Menjadi Contoh Para Pejabat Negeri Ini "

  1. Pemimpin yang luar biasa, hanya tumbuh dalam lingkungan dakwah Islam.

    BalasHapus