Mengenal Kampung Wisata Rejowinangun, Kampung Wisata Menarik Dekat Pusat Kota

Tak ada habis – habisnya menikmati keindahan kota Jogjakarta, selain terkenal dengan Malioboronya, Jogjakarta juga memiliki destinasi lain yang perlu dikunjungi oleh wisatawan, yakni Kampung Wisata Rejowinangun. Kampung Rejowinangun ini memiliki beberapa keunggulan yang ditawarkan di dalamnya. Sehingga sangat disayangkan untuk terlewatkan begitu saja.

Review Kampung Rejowinangun

Ada banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan disana. Oh ya, karena lokasinya dekat dengan pusat kota, tempat ini bisa dengan mudah Anda kunjungi dengan transportasi umum seperti trans Jogja, ojek online hingga memakai jasa sewa mobil di Jogja. Berikut ini beberapa ulasan mengenai Kampung Wisata Rejowinangun;

Dari Kampung Biasa Menjadi Kampung Wisata

Kampung Rejowinangun pada mulanya adalah kampung biasa yang kemudian dapat disulap menjadi kampong wisata oleh tangan kreativitas para penggagasnya. Menurut keterangan pengelola kampong tersebut, mengubah Rejowinangun menjadi kampong wisata tidaklah mudah. Banyak yang tidak mendukung dan anggapan pesimis lainnya, tapi kini fakta justru berkata sebaliknya. 

Melibatkan para pengurus RW dan perizinan dari kelurahan, didapatkan 13 RW yang awalnya menjadi pioneer kampung wisata. Langkah awalnya dengan menggunakan sosialisasi sejak 2010 dan pada akhirnya tahun 2012 secara simbolis telah diresmikan menjadi kawasan kampung wisata. Sebagai daya tariknya, kampung ini memiliki ciri khas yaitu adanya pembagian klaster. 
Pesanggrahan di kampung wisata Rejowinangun Jogja, sumber ig @laurentiuslei
Pesanggrahan di kampung wisata Rejowinangun Jogja, sumber ig @laurentiuslei

Adanya Klaster 

Membahas lebih dalam mengenai kampung wisata ini, terdiri dari beberapa klaster unggulan. Masing – masing klaster juga memiliki daya tariknya sendiri. Sebagai contoh, pada klaster herbal ada JAGER (Jamu Gendong Rejowinangun), klaster ini memproduksi jamu tradisional yang beraneka macam. Kemudian klaster budaya terdapat tarian – tarian yang dibina di bawah naungan Sanggar Seni Sari Budoyo. Tarian yang dikembangkan oleh mereka sering ditampilkan pada acara resepsi hingga festival tertentu, sebagai penyambutan tamu. 

Pada klaster argo, orang – orang menanam sayuran di setiap rumah di dalam pot. Mereka juga sering mengadakan suatu kegiatan tertentu apabila menjelang panen raya tiba. Bagi pencinta batik, maka Anda perlu berkunjung ke klaster kerajinan. Motif kerajinan yang dipamerkan ialah motif Gembira Loka yang unik. Harganya cukup terjangkau yaitu berkisar 50 ribuan. 

Setelah lelah berkeliling di beberapa klaster, maka wajib bagi wisatawan untuk mengunjungi klaster kuliner. Pada klaster ini terdapat makanan Bakmi yang terkenal yaitu Bakmi Mbah Gito dan apabila menginginkan membawa oleh – oleh untuk sanak saudara, di sana juga memproduksi keripik daun serta kue. Makanan itu semua juga telah bersertifikasi BPOM, jadi tak perlu khawatir dalam membelinya. 
Bakmi Mbah Gito, salah satu lokasi menarik di kampung Rejowinangun, sumber ig @silvalery
Bakmi Mbah Gito, salah satu lokasi menarik di kampung Rejowinangun, sumber ig @silvalery

Kampung Wisata Rejowinangun Meraih Prestasi

Kampung Wisata Rejowinangun juga meraih prestasi dalam Festival Kampung Wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Jogjakarta pada bulan Juli. Pada tingkat nasional juga menyabet juara 2 sebagai satu – satunya kampung percontohan yang memiliki klaster. Adanya kampung yang inovatif seperti kampung Rejowinangun juga berdampak baik bagi pendapatan ekonomi para warganya. Selain menjadi lebih indah ternyata mendatangkan penghasilan yang cukup menjanjikan.

Demikianlah, beberapa review tentang Kampung Wisata Rejowinangun. Semoga dengan adanya ulasan singkat artikel ini, pembaca dapat terinspirasi untuk lebih kreatif lagi mengembangkan ide – idenya. Sehingga mampu menyulap lingkungan yang biasa – biasa saja menjadi luar biasa serta lebih potensial lagi. 

Jika masih kurang puas berwisata di Yogyakarta. Anda bisa mengunjungi obyek wisata perbukitan juga yang sedang marak, seperti puncak becici, hutan pinus mangunan, bukit isis dan sebagainya. Tinggal request ke penyedia paket wisata Jogja yang Anda percayai saja. Terima kasih sudah menyimak hingga akhir, silahkan share jika berkenan.  

0 Response to " Mengenal Kampung Wisata Rejowinangun, Kampung Wisata Menarik Dekat Pusat Kota "

Posting Komentar