Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Butik, Modiste, Tailor Dan Distro

Usaha busana merupakan suatu bisnis yan berkembang pesat dari tahun ketahun. Hal ini terlihat dari tingginnya permintaan konsumen yang akhirnya membuat banyak usaha dibidang busana dan fashion.

Meski sama-sama menjual busana maupun fashion namun pada dasarntya usaha fashion tersebut memiliki sejumlah perbedaan yang cukup signifikan baik dari segi model dan gaya yang diproduksi maupun kualitas busana yang dijual.

Untuk memulai bisnis fashion atau busana memenga saat ini memang banyak dan terlihat menguntungkan. Dengan usaha ini rubuan brand fashionj lokal lahir setiap tahunnya dan banyak di antaranya mengalai kesuksesan.

Maka dari itu bisnis dibidang fashion ini juga memiliki banyak kelebihan, karena banyak di antara mereka yang tertarik untuk membuat bisnis busana paiaian maupun fashion. Salah satu keuntungan bisnis pakaian.

gambar toko pakaian
Gambr toko pakaian sumber japanesestation.com

Bisnis tersebut sangat menarik diantaranya adalah tidak memiliki masa kadaluwarsa. Bahkan mereka tidak tertarik pada dunia fashion padahal setiap orang membutuhkan pakaian untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal tersebut untuk mengingat bahwa pasar  di Indonesia saat ini cendering konsumtif, bisnis butik, modiste, tailor dan distro ini menjadi salah sati sektor yang memiliki masa depan yang cerah, terlebih lagi dengan adanya jaringan internet.

Maka dalam proses jual-beli pun sangat mudah karena melalui online. Oleh karena itu mari simak dibawah ini bagi anda yang akan mulai bisnis fashion yang mana bisnis trersebut sangat menguntungkan untuk jenjang masa depan.

Berkut akan saya jabarkan mengenai perbedaan busana butik, modiste, tailor dan distro.

Butik

Butik adalah salah satu jenis usaha yang memberika pelayanan jasa dan produk pada konsumen berupa pesanan yaitu pembuatan busana dan penjualan busana yang sudah jadi dengan model khusus dan istimewa.

Karena model busana yang dijual di usaha butik didesin khusus oleh desainer, yang tidak  diproduksi massal dan model yang dibuat tidak ada dipasaran dengna kualitas jahitan yang bermutu tinggi.

Butik sendiri dipakai untuk menggambarkan intraksi sosial yang terkait dengan tindakan jual beli serta hubungan bisnis lainnya. Konsep dari butik sendriri diantarannya adalah merupakan ruang ritel atau tempat penyimpanan dan ruang yang bersebelahan.

Butuk digambarkan sebagai toko yang tersedia untuk kalangan kelas menengah, yang menjual barang-barang mewah seperti pakaian dan bahan halus yang dirancang untuk gaya hidup yang ekslusif. Istilah butik dipakai untuk menunjukkan sebuah toko.

Yang secar umum toko tersebut adalah toko khusus kaum wanita dimana pemiliknya adalah perseorangan yang masih bisa melakukan bisnis lainnya. Konsep dari butik sendiri artinya menyediakan kebutuhan pasar yang tidak di produksi cetak kemasan atau barang secara masal yang artinya toko khusus.

gambar toko butik
Gambar toko butik sumber lehautdupanier.com

Ciri-ciri Busana Butik

Ciri-ciri dari busan butuk diantarannya adalah jahitan dan lebih banyak dikerjakan dengna tangan. Untuk masalah ukuran biasanya busana butik dibuat berdasarkan ukuran tubuh seseorang atau disesuaikan dengan ukuran standard dunia mode.

Oleh karena itu busana butik dibuat oleh seseorang atau perancang busana molenya cenderung unuk dan tidak berkesan. Dan untuk pakaian butik hanya diproduksi satu potong hingga tiga potong untuk satu model.

Butuk-butik yang eksklusif umumnya hanya membuat satu setel busana dari satu model. Busan butuk termasuk jenis adi busana, oleh sebab itlah harga jualnya rekatif mahal.

Modiste

Modiste adalah seorang wanita yang ahli dalam membuat pakaian wanita. Dalam artian modise sendiri merupakan nama profesi penjahit. Namun menurut istilah mode, busana yang dijahit oleh seseorang modiste adalah busana yang dijahit halus berdasarkan permintaan konsumen.

Ciri-ciri Modiste

Ciri-ciri pakaian yang dibuat oleh modiste adalah jahitannya halus walaupun dijahit dengan mesin tidak banyak jahitan setik yang trlihat dari luar. Unuk model busana dibuat berdasarkan permintaan, rancangan modiste.

Berdasarkan peremintan pelanggan atau pelanggan meminta dirancangkan oleh modiste. Oleh karena itu model busana tidak selalu unik, karena tergantung dari selera konsumen. Dan biasannya ongkois menjahit tergantung dari kualitas jahitan.

Contohnya adalah semakin halus jahitan seorang modiste maka biayannya akan semakin mahal ongkosnya. Uuntuk ukurannya dibuat berdasarkan ukuran tubuh pelanggan.

Tailor (Penjahit)

gambar orang sedang menjahir pakaian
Gambar orang sedang menjahir pakaian sumber depositphotos.com

Tailor penjahit adalah orang yang pekerjaannya menjahit pakaian seperti celana, rok, jas dan kemeja, baik itu pakaian laki-laki maun perempuan. Untuk melakakukan pekerjaan ini seorang penjahit prlu melakukannya dengan tangan maupun dengan mesih jahit.

Penjahit membuat, mencocokkan dan mengubah pakaian sesuai dengan permintan dan kebutuhan konsumen. Dapat juga disimpulkan juga bahwa penjahit adalah sebuah profesi di bidang jasa yang memberikan pelayanan berupa jasa jahit.

Tailor atau penjahit sendiru merupakan unit usaha kecil menengah yang perlu diketahui untuk ditingkatkan produksinya, usaha kecil penjahit tersebut merukapan sektor usaha.

Yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi terhadap masyarakat di Indonesia. Salah sati usaha kecil dan menengaha adalah industri jahit.

Proses Pengerjaan Dalam Menjahit

Pekerjaan jahit mejahit daat dibagi menjadi tiga tahapan yaitu pembutan atau desain pola, kedua teahapan pemotongan dan ketiga adalah menjahit kain yang sudah dipola dan dipotaong menjadi pakaian.

Untuk tahapan pertama yaitu; Membuat desaian atau pola. Pada tahapan ini pnejahit dan pemesana akan berdiskusi besama mengenai desain pakaian. Apakah pakaian untuk orang dewasa atau pakaian anak-anak baik itu untuk laki-laki maupun perempuan.

Pelanggan dapat mengajukan desainnya sendiri untuk dikonsultasikan dengan penjahit. Setelah sampai pada kesepakatan penjahit membuat model atau sketsa desain pakaian dalam catatannya kemudian di jahit menjadi pakaian.

Untuk tahapan kedua; Pengukuran. Tahapan selnjutnya adlah proses pengukuran badan dari konsumen, poses pengukuran ini menggunakan meteran jahit. Dengan satuan inci atau sentimeter.

gambar sedang mengukur pakaian sebelum di jahit
Gambar sedang mengukur pakaian sebelum di jahit sumber realestate-tokyo.com

Bagian yang diukur bergantung pada pakaian apa yang dibuat.Dan pereferensi pakaian penjahit. Hasil pengukuran badan konsumen bisa disamaikan dalam buku catatan.

Untuk tahapan Ketiga; Pemotongan bahan kain dan menjahit. Setelah kain diukur tahapan selanjutnya adalah pemotongan dan menjahit pakaian. Pemotongan bahana  kain harus dilakukan secara hati-hat dan mengikuti gamar pola yang sudah digambar pada kain teresebut.

Tahapan selanjutny adalah menjahit pakaian. Tahapan ini dilakukan menggunakan mesin jahit, mesin jahit dapat digerakkan menggunakan tenaga manual atau menggunaka kakai maupun dengan cara morot listrik.

Proses ini membutuhkan benang jahit yang dimasikkan ke dalam mesin jahit. Biasannya benang jahit tersebut dengan benang polyester. Thahapan-tahapan tersebut adalah ututan yang sederhana dalam sebuah porses jahit menjahit didunia industri konveksi.

Ada juga faktor-faktor lain yang menentukan kulitas pengerjannya dalam usaha konveksi, seperti pemilihan bahan yang baik dabn bagus untuk menhgasiolkan pakaian dengan kegunaan tertentu.

Faktor dan kualitas tersebut dapat dipastikan bahwa semua produk konveksi telah dibuat secara benar dan sesuai dengna keinginan konsumen dan faktor-faktor lainnya.

Distro

gambar kaos distro
Gambar kaos distro sumber rivew.bukalapak.com

Distro distribution outlet adalah jenis toko di Indonesia yang menjual pakaian dan aksesoris yang dititipkan oleh pembuat pakaian atai diproduksi sendiri. Distro tersebut termask dalam salah satu jenis industri kreatif fashion.

Dengan merk independen yang dikembangkan oleh kalangan anak-anak muda. Produk yang dihasilkan oleh distro diusahakan untuk tidak diproduksi secara massal. Agar memperhatikan sifat eksklusif suatu produk dan hasil pengerjaannya.

Distro sendiri pada awalny tumbuh di kalangan komunitas independen. Anak-anak didalam komunitas seperti ekstreme sports, band indie dan skateboard yang memiliki gaya berpakaian dan kehidupan dari gaya atau lifestyle tersendiri daripada anak muda yang lainnya.

Ciri-ciri distro

Kaos dostro memang memiliki karakteristik masing-masing dari setiap produknya. Terutama dalam desain yang setiap produk memiliki aliran dan gaya yang berbeda-beda.

Tujuannya adalah agar kita tidak salah pilih kaos distro. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kaos distro yang asli dari produk kaos distro yang khas;

Ciri-ciri yang pertama ialah; Kualitas bahan bakaian. Berdasarkan bahan dasar pembuatanya, bahan laos distro yang terdapat di pasaran ada beberapa macam. Jnis bahan kaos distro yang umumnya adalah catton combad, catton suprima, catton carded dan lain sebagainnya.

Alasanny kenapa untuk memilih bahan catton combed adalah pada umumnya bahan tersebut merupakan bahan kaos distro yang terbuat dari serat kapas alami dan memiliki karakteristik bahan yang relatif halus, dingin, menyerap keringat dan nyaman dipakai.

gambar toko distro
Gambar toko pakaian distro sumber portalusaha.com

Ciri-ciri kaos distro yang kedua adlaah; Desain kaos distro cenderung bersifat idealis. Maka dari itu para designer distro tersebut untuk berkarya sendiri bukan atas dasar permintaan pasar. Namun lebih kepada keinginan untuk memuaskan diri sendiri dari hasil karyanya.

Ciri-ciri kaos distro yang asli dan baik adalah; Jahitannya memiliki ciri khas tersendiri dalam menjahit kaos- kaos distro tersebut. Karena jahitan yang tidak rapi akan mempengaruhi keseluruhan bentuk baju tersebut hingga saat dipakai akan kurang nyaman.

Maka dari itu ciri distro yang bagus kualitasnya pada jahitannya akan selalu trtata dan terlihat rapi. Sehingga akan sangat nyaman saat di kenakan dan tetap bagus saat dilihat dari dekat.

Untuk anda yang akan membeli kaos distro yang alsi tidak perlu khawatir karena barang tersebut sangat terjamin keasliannya. Namun bila anda menjumpai baju-baju distro toko-toko online atau toko kecil yang kebanyakan menjual baju murah.

Sebaiknya anda perlu curiga agar tidak teretipu saat membeli barang palsu dengna barng kw. Maka dari itu anda sebaiknya membeli di toko distro online yang asli. Hal ini agar terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh beberapa pedagang yang nakal yang hanya mencari kuntungan.

Nah bagia andan yang sedang memulai bisnis modite, butuk dan distro maka jasa website ini akan mempermudah anda untuk menjualnya secara online. Jasa website ini bisa membantu anda untuk memperkenalkan dan memesarkan produk maupun barang anda yang ingin anda jual.

Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah anda dalam strategi marketingnya melalui jasa website dengan cara menjual barang andan melalui tulisan-tulisan yang baik dan unik. Sehingga para pembeli tertarik untuk membeli produk anda melalui tulisan yang dinuat dati jasa website tersebut.

Itulah beberpa perebedaan butik, modiste, tailor dan distro yang dapat saya berikan. Semoga informsi di atas dapat membantu anda sebelum membeli pakaian atau anda ingin memulai usaha di dunia fashion yang menjanjikkan.

Dan jangan lupa juga untuk membaca artikel kami yang lainnya mengenai tempat strategis untuk usaha busana. Semoga informasi di atas dapat bermabaat untuk para pembaca.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Butik, Modiste, Tailor Dan Distro"