Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Kain untuk Bahan Kaos Olahraga


Tidak semua jenis kain cocok untuk dijadikan sebagai bahan kaos olahraga. Ada beberapa jenis kain yang memenuhi standar kaos olahraga. Pemilihan bahan kaos olahraga disesuaikan dengan manfaat kain itu sendiri, biasanya jenis kain yang umum dipilih adalah jenis kain yang adem, halus ketika dikenakan, dan dapat menyerap keringat.

Biaya 3 standar itu yang umum dipakai untuk memilih jenis kain untuk bahan kaos olahraga. Tetapi ada juga yang melihat dari kriteria yang lain, kembali lagi kepada keinginan masing-masing. Namun, pemilihan jenis kain memang harus diperhatikan dengan baik, apalagi yang berhubungan dengan kaos olahraga. Karena kaos olahraga tentu berbeda dengan kaos untuk aktivitas sehari-hari.

Lalu apa saja jenis kain yang cocok digunakan untuk bahan kaos olahraga, berikut kami berikan ulasannya untuk anda:

1. Cotton Combed

Jenis kain ini dibuat dengan komposisi 100% dari serta cotton atau serat kapas murni sehingga memiliki daya serap yang sangat baik. Bahan cotton yang satu ini menjadi favorit dalam pembuatan kaos olahraga karena enak untuk dipakai sehari hari dalam aktivitas fisik. Pilihan yang ketebalan yang ditawarkan menggunakan kain jenis ini sangat beragam mulai dari 20s, 24s hingga 30s.

Cotton Combed 24s, Sumber: kaosbapaksholeh.com

Karena Cotton Combed termasuk bahan yang memiliki serat halus, tidak terlalu tebal, maka akan membuat terasa dingin, dan memiliki daya serap yang baik. Kain ini cocok untuk bahan pakaian di negara beriklim tropis.

2. Cotton Bamboo

Jenis kain ini terbuat dari campuran serat kapas dan serat bamboo sehingga bahannya terasa adem dan nyaman di kulit. bahannya yang lembut cocok digunakan untuk pembuatan kaos olahraga yang notabene kegiatannya dilakukan dibawah sinar matahari. Jenis kain ini juga merupakan bahan yang populer dari beberapa tahun yang lalu keuntungan lain dari bahan ini adalah sangat ringan, sangat lembut, elastis, tahan lama dan sejuk.

Jika berbicara mengenai Harga Kain Cotton Bamboo memang cenderung lebih mahal, karena selain keunggulannya tadi Cotton Bamboo juga sangat banyak diminati oleh para pelaku konveksi jersey. Bahkan bisa dikatakan kualitas Cotton Bamboo berada di atas Kain Combed yang juga memiliki karakter kain yang hampir sama dengan Cotton Bamboo, tapi sudah pasti kedua kain ini sangatlah berbeda.

3. Dry Fit

Jenis bahan kain ini menggunakan campuran polyester, spandex, dan nylon. Dengan bahan yang memiliki teknologi spesifik seperti mengatur suhu tubuh penggunanya, maka bahan ini cocok dalam pembuatan kaos olahraga kardio, bersepeda, futsal, basket hingga lari. Bagi anda yang memiliki bisnis Online Baju, kami menyarankan agar memasarkan baju yang menggunakan karena banyak peminatnya.

Dry Fit, Sumber: Instagram/@dri_fit_hub

Tekstur pada bahan ini terasa lebih padat namun tetap lentur dan mengikuti lekuk tubuh penggunaannya. Dari kombinasi bahannya membuatnya dapat menyerap kelembaban pada kulit lalu mengeluarkan melalui uap. Dengan bahan yang memiliki saluran ventilasi tiga dimensi, dapat membuat sirkulasi udara di sekitar kulit teregulasi dengan baik.

4. Polypropylene

Jenis bahan kain ini menggunakan plastic merupakan jenis plastik kedua di dunia yang paling banyak diproduksi setelah polyethylene. Jenis plastik ini terbentuk dari proses polimerisasi yang ditemukan oleh dua ilmuwan bernama Paul Hogan dan Robert Banks. Bahan ini juga bisa dibilang mirip dengan polyester karena terbuat dari plastic, yang membedakan adalah bahan sintetis pada polypropylene sangat anti terhadap air.

Keuntungan dari jenis bahan ini adalah dapat memaksa kelembaban melalui seratnya dan membuat keringat menguap kemudian juga tahan terhadap noda membandel. Dengan keuntungan tersebut maka bahan ini cocok dalam pembuatan kaos olahraga apa saja.

5. Hyget

Bahan ini terbuat dari campuran polyester dan cotton yang lebih tipis sehingga membuat badannya terasa menjadi lebih licin dari bahan lain. Kelebihan baju olahraga menggunakan bahan ini adalah permukaan kainnya terlihat lebih mengkilap dan tidak perlu untuk menyetrika setelah dicuci sedangkan kekurangannya adalah karena menggunakan campuran polyester dan katon membuat kain ini tidak terlalu memiliki daya serap tinggi dan mudah panas.

Harga yang murah dari jenis kain lain menjadi kelebihan tersendiri pada pembuatan jersey. Variasi jenis kain ini sering digunakan pada kaos olahraga dengan budget yang rendah.dengan demikian jika digunakan pada saat cuaca terik akan membuat penggunanya kepanasan. Variasi lain yang beragam dari bahan ini justru lebih memiliki tingkat kenyaman yang lebih jika digunakan.

6. Spandex

Bahan jenis kain ini terbuat dari polimer sintetis sehingga mudah melar dan sangat elastis jika digunakan. Kemampuan elastis yang dimiliki, dapat meregang hingga mencapai lima kali dari ukuran aslinya. Sebagai bahan pembuatan baju olahraga, spandex konon ditemukan pertama kali pada tahun 1947 oleh perusahaan Du Pont damn diperkenalkan dengan sebutan fiber K.

Spandex Super Soft umber: Instagram/@dimensibaru.store

Karena kemampuan menyerap yang baik dari bahan ini maka beberapa baju olahraga seperti lari dan olahraga korosif lainnya lebih memilih menggunakan bahan jenis ini. karena kemampuannya menyerap kelembapan dan kering dengan sangat cepat, anda tidak perlu khawatir akan manfaat dan kelebihannya, juga Jangan khawatir karena kulit akan tetap bisa bernafas dengan baik di bawah spandex.

7. Polyester Active Dry

Polyester Active Dry dibuat menggunakan teknologi bernama Active Dry yaitu suatu kemampuan penyerapan keringat yang sangat baik serta terasa lebih sejuk, dingin, mudah kering, dan tidak mudah kusut saat digunakan. Dengan kelebihan tersebut, tidak salah kalau bahan ini digunakan sebagai pembuatan baju olahraga kualitas tinggi.

Kaos dari bahan Polyester Active Dry memiliki teknologi yang mampu menyerap keringat dengan baik, oleh karena itu menggunakan baju olahraga dari bahan ini dapat menambah.

Nah, itulah beberapa jenis bahan jersey yang direkomendasikan untuk dijadikan kaos olahraga. Bagi Anda yang sering melakukan olahraga tidak hanya manfaat olahraga teratur yang anda rasakan tetapi rasa nyaman saat berolahraga pun akan anda rasakan. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan untuk anda.


Posting Komentar untuk "7 Jenis Kain untuk Bahan Kaos Olahraga"