Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengin Jual Baju? Simak Tips Sukses Bisnis Online Baju Ini

Saat ini bisnis online mulai banyak digandrungi masyarakat. Tidak hanya karena fleksibel dan bisa dilakukan dimana saja, bisnis online apabila dioptimalkan dengan baik ternyata dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat, bahkan melebihi bisnis offline pada umumnya. Ada banyak usaha bisnis online yang ada, namun yang cukup sering ditemui di media sosial saat ini ialah bisnis online baju.

 

Baju atau pakaian ialah salah satu kebutuhan utama manusia. Mau tidak mau dalam jangka waktu tertentu manusia akan membeli pakaian, sehingga permintaan pasar akan pakaian senantiasa tinggi. Ini menyebabkan para pebisnis menyukai bisnis pakaian, karena bisnisnya selalu berkembang dan tak pernah mati.

Di zaman sekarang, dimana teknologi menjadi pilar bagi seluruh sektor kehidupan, menjadikan semua beralih ke dunia digital internet, dunia yang memudahkan. Begitu juga dengan bisnis. Hadirnya teknologi internet membuat para pebisnis memanfaatkan peluang yang ada dengan membuka bisnis secara online.

Dengan berbekal internet kantor, Anda dapat menjual baju atau pakaian secara online sehingga menjadikan bisnis Anda inovatif mengikuti perkembangan zaman. Selain itu bisnis baju online menjadi menarik karena dapat menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dengan risiko lebih kecil. Hal ini membuat banyak masyarakat yang tergiur dan terjun di bisnis ini.

Bisnis online baju saat ini banyak diminati masyarakat. Sumber: unsplash.com/cristhophermax
Bisnis online baju saat ini banyak diminati masyarakat. Sumber: unsplash.com/cristhophermax

Tips Sukses Berbisnis Online Baju

Berbekal cukup modal dan nekat saja belum bisa membuat bisnis baju Anda dapat maju dan berkembang. Anda juga harus cerdas dalam mengurus bisnis baju. Setidaknya Anda mempunyai kapabilitas memanajemen suatu bisnis dengan apik. Karena bila tidak, bukannya keuntungan yang akan didapatkan, melainkan kebuntungan yang siap menanti Anda.

Maka dari itu, bagi Anda yang ingin membuka usaha baju secara online namun masih belum tahu apa saja yang harus dilakukan, berikut kami telah rangkum tips-tips berbisnis baju secara online yang ampuh. InsyaAllah bisnis online Anda akan berkembang pesat bila mengikuti tips berikut ini.

1. Tentukan Produk dengan Meriset Pasar

Hal pertama yang harus dilakukan saat hendak membuka usaha bisnis online ialah menentukan produk yang akan dijual. Untuk mengetahui ini, Anda harus tahu dulu target pasar atau kepada siapa Anda hendak menjual barang/produk tersebut. Dengan melakukan riset pasar, Anda setidaknya sudah tahu jenis baju apa yang diminati dan siapa pasarnya.

Untuk mudahnya, Anda dapat menentukan produk pakaian yang paling dibutuhkan masyarakat. Lalu ketika sudah ketemu, cobalah menjadikan produk Anda sebagai problem solver dari masalah yang dimiliki konsumen. Kemudian baru carilah sebuah produk yang memiliki nilai lebih dari produk semisal milik bisnis orang lain.

2. Mencari Produk Langsung dari Pabriknya

Setelah produk sudah ditentukan, langkah berikutnya yang perlu dilakukan ialah mencari tempat membeli produk tersebut. Usahakan Anda mendapatkan barang langsung dari pabriknya. Anda dapat menjalin kerja sama dengan suatu produsen pakaian bermerek supaya memiliki hasli optimal. 

Anda dapat menjadi reseller atau dropshipper untuk mendapatkan supplier. Untuk sistem reseller, Anda memerlukan modal untuk membeli dagangan. Lalu produk tersebut dapat Anda jual dengan harga yang Anda inginkan. Hal ini jelas berbeda dengan sistem dropshipper. Mengenai dropshipper, maka Anda tidak memerlukan modal untuk membeli produk. Karena nantinya Anda akan dibantu penuh oleh supplier supaya prduk sampai ke konsumen.

Supplier menjadi poin penting dalam bisnis online. Sumber: unsplash.com/andyli


Anda dapat memilih ingin menggunakan sistem dropshipper atau reseller, sesuka Anda. Namun pastika sistem yang Anda pilih tidak melanggar peraturan pemerintah serta diperbolehkan oleh syariat agama.

3. Buka Toko Online dan Optimalkan Media Sosial

Tips berikutnya ialah menentukan sarana yang akan digunakan untuk proses jual beli, apakah dengan membuka sebuah website, marketplace, media chat sosial,  atau akun media sosial. Untuk menentukan hal ini Anda dapat kembali lagi merefresh siapa target pasar yang Anda tuju untuk membeli produk Anda.

Apabila target Anda ialah anak muda generasi saat ini, maka Anda dapat menggunakan media sosial seperti instagram, twitter, tiktok dan sebagainya. Namun apabila target pasar Anda lebih luas maka Anda dapat menggunakan facebook atau membuka akun di marketplace seperti Bukalapak, tokopedia dan shopee.

Dan apabila Anda baru merintis bisnis dengan minim modal, maka Anda dapat menggunakan sarana aplikasi yang sudah ada. Misalnya bila ingin membuka di marketplace bisa memakai Lazada, Tokopedia, BukaLapak, Shopee, Olx. Bila ingin media sosial bisa facebook, instagram, twitter. Bila aplikasi chat bisa WhatsApp, BBM, Line dan sebagainya.

Apabila bisnis mulai berkembang dan membesar, Anda dapat mulai membuka website resmi sendiri. Bagi Anda yang sudah memiliki website namun jarang di update, Anda dapat meredesain website. Anda dan mulai menghidupkannya kembali. 

4. Kemas Promosi Pemasaran dengan Unik

Promosi Pemasaran menjadi penting dalam Bisnis online baju. Sumber: unsplash.com/campaigncr


Tips sukses berbisnis online baju berikutnya agar bisnis online dapat maju dan berkembang ialah melakukan promosi dengan baik. Dengan promosi yang baik serta optimal menjadikan produk Anda dapat menjangkai lebih banyak konsumen, sehingga peluang terjualnya produk semakin tinggi.

Untuk melakukan promosi Anda perlu membangun kesan pertama dengan baik. Misalnya dengan desain tampilan yang menarik, tulisan yang bersifat mengajak dan mempengaruhi. Dengan begitu calon konsumen akan penasaran dan akhirnya tertarik membeli produk Anda.

Akhir kata, itulah beberapa tips sukses berbisnis online baju. Dalam menjalankan suatu bisnis online, hal pokok yang dibutuhkan ialah kepercayaan dan relasi yang luas. Cobalah untuk senantiasa menjaga kepercayaan konsumen dengan mengatakan apa adanya tentang kondisi barang yang dijual. Anda juga dapat membaca artikel lain kami tentang kain gamis dan lemari pakaianSemoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Pengin Jual Baju? Simak Tips Sukses Bisnis Online Baju Ini"