Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 9 Pabrik Tekstil Terbesar Di Indonesia


Di zaman modern seperti sekarang ini banyak perusahaan sedang berlomba untuk menjadi nomor satu di pasar nasional dan bahkan dapat bersaing di taraf internasional. Ukuran perusahaan saat ini tidak terlalu menjadi patokan untuk bersaing namun yang menjadi perhatian adalah pemanfaatan ruang yang baik, seperti halnya pemanfaatan mezzanine atau balkon. Jasa pemasangan mezzanine sendiri pastinya dari perusahaan terbaik dan memiliki konsistensi tinggi di bidangnya.

Pembangunan pembangunan tersebut diatas tentunya juga tidak akan terlepas dengan campur tangan perusahaan konstruksi dalam pendiriannya. Salah satu perusahaan tersebut adalah perusahaan konstruksi di Jakarta yang hingga saat ini dipercaya memiliki kompetensi dalam profesionalitas kerjanya.

Dari persaingan dunia industri tekstil yang telah berlangsung selama bertahun tahun, hari ini kita dapat melihat pabrik mana sajakah yang terbesar untuk cakupan pasarnya dan bahkan saat ini telah terkenal luas hingga ke seluruh pelosok negeri. Untuk itu, berikut ini kami berikan informasi beberapa pabrik tekstil terbesar di Indonesia.

1. PT. Indorama Synthetics Tbk (INDR)

Perusahaan ini mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1976. Bergerak dalam bidang pembuatan benang pintal dan campuran, benang filamen polyester (termasuk benang mikrofilamen), serat stapel poliester, pet resin, textile grade chips dan kain polyester (abu-abu dan finished), memperoleh investasi barang tertentu, dan pembangkit listrik untuk penggunaan tawanan.
PT. Indorama Synthetics Tbk (INDR), Sumber: Google

Perusahaan ini pernah mencatatkan penjualan sebesar US$ 682 juta atau sekitar Rp 8,98 triliun pada 2015. Kemudian perusahaan ini juga mampu mengefisienkan beban sehingga mampu membukukan laba bersih sebesar US$ 9,8 juta pada 2015 dibanding rugi bersih sebesar US$ 936 ribu pada 2014. Alamat perusahaan ini sendiri berada di Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-1 Jakarta Selatan.

2. PT Asia Pacific Fibers Tbk (POLY)

Perusahaan ini mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1986. Perusahaan memproduksi PTA (pure terephthalic acid), chip poliester, serat stapel poliester dan benang filamen polyester. Produk dari perusahaan ini telah dipasarkan di dalam negeri dan internasional, termasuk ke Eropa, Amerika Serikat, Asia, Australia dan Timur Tengah.

Perusahaan ini pernah mencatatkan penjualan US$ 390 juta pada 2015 atau sekitar Rp 5,13 triliun pada tahun 2015. Alamat perusahan ini sendiri berada di Jl. DR. Ide Agung Gede Agung No.1 Jakarta Selatan.

3. PT. Pan Brothers Tbk (PBRX)

Perusahaan ini mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1981. Bergerak dalam industri garmen serta tergabung dalam the penultimate parent company sebagai perusahaan induk utama Perusahaan. Alamat perusahaan ini sendiri berada di Jl. Siliwangi No.178 Jatiuwung Tangerang, Banten.

PT. Pan Brothers Tbk (PBRX), Sumber: Google

Perusahaan ini pernah mencatatkan penjualan pada tahun 2015 sebesar US$ 418,6 juta atau sekitar Rp 5,5 triliun, naik 23,6% dibanding 2014 sebesar US$ 338,5 juta. Walaupun demikian, laba bersih penjualan melemah menjadi US$ 8,6 juta pada 2015 dibanding tahun sebelumnya US$ 9,3 juta.

4 PT. Polychem Indonesia Tbk (ADMG)

Perusahaan ini mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1990. Bergerak dalam bidang pembuatan polyester chips, polyester filament, engineering plastik, engineering resin, ethylene glycol, polyester staple fiber dan petrokimia, pertenunan, pemintalan dan industri tekstil. Hasil produksi dipasarkan di dalam dan luar negeri termasuk ke Asia, Amerika Serikat, Eropa, Australia dan Afrika.

Alamat perusahaan ini sendiri berada di Wisma 46 Kota BNI lantai 20, Jalan Jend. Sudirman, Kav.1, Jakarta. Perusahaan ini juga merupakan salah satu distributor bagi perusahaan – perusahaan konveksi besar seperti konveksi kaos komunitas mobil atau motor, konveksi baju olahraga, dan lainnya.

5. PT. Century Textile Industry Tbk (CTX)

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1970 dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1990. Bergerak dalam bidang produksi kain jadi (pemintalan, pertenunan dan pencelupan) dan saat ini produksi dari perusahaan ini telah menembus pasar ekspor. Alamat perusahaan ini sendiri berada di Jl. Raya Bogor KM. 27 Rt.005 Rw.003, Ciracas, Jakarta timur.

6. PT. Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL)

Perusahaan ini mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1978 dan merupakan pabrik tekstil terbesar tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di Asia Tenggara. Bergerak dalam bidang pemintalan, tenun, dyeing, percetakan, finishing kain dan pembuatan pakaian.

PT. Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), Sumber: Google

Perusahaan ini pernah mencatatkan penjualan sebesar US$ 682 juta atau sekitar Rp 8,98 triliun pada 2015. Kemudian perusahaan ini juga mampu mengefisienkan beban sehingga mampu membukukan laba bersih sebesar US$ 9,8 juta pada 2015 dibanding rugi bersih sebesar US$ 936 ribu pada 2014. Alamat perusahaan ini sendiri berada di Jl. K.H. Samanhudi 88 Jetis, Sukoharjo, Solo, Jawa Tengah.

7. PT. Argo Pantes Tbk

Perusahaan ini mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1977. Bergerak dalam bidang manufaktur produk tekstil dan beralamat di Jl. Wisma Argo Manunggal, lantai 2, Jl. Jend.Gatot Subroto Kav.22 Jakarta.

8. PT. Ever Shine Tex Tbk

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1974 dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1975. Bergerak sebagai produsen tekstil terpadu di Indonesia yang memproduksi benang, kain, dan garmen. Perusahaan ini telah memperoleh kepercayaan dari beberapa investor strategis seperti Nusantara Investment Fund, GIMV dan investor utama lainnya. Pusat pabrik perusahaan ini berada Cijujung, Sukaraja Bogor.

9. PT. Panasia Indo Resources Tbk

Perusahaan ini berdiri pada tahun 1973 dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1974. Ruang lingkup kegiatan perusahaan ini meliputi usaha dalam bidang proses bahan baku serat (polimerisasi), twisting, pemintalan, pertenunan, industri tekstil, pertambangan, energi dan perdagangan umum. Alamat perusahaan ini sendiri berada di Jl. Moh Toha KM 6 Kabupaten Bandung.

Perusahaan-perusahaan diatas adalah beberapa pabrik tekstil yang juga sebagai pemasok terbesar pembuatan bahan kaos untuk olahraga, komunitas, dan lain sebagainya. Tanpa perusahaan perusahaan ini, beberapa konveksi akan kewalahan dalam mencari pemasok untuk perusahaannya.

Posting Komentar untuk "Inilah 9 Pabrik Tekstil Terbesar Di Indonesia"