Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Kaos Komunitas Mobil

Membuat kaos komunitas itu sangat penting, tidak terkecuali untuk komunitas mobil yang sering melakukan pertemuan di tempat outdoor. Tentu dengan adanya kaos komunitas akan menjadi identitas dari komunitas tersebut, disisi lain akan membuat pemakainya menjadi bangga karena diberi kepercayaan untuk mengenakan kaos komunitas.

Penggunaan kaos komunitas sudah banyak digunakan sebagai identitas untuk saling mengenal antar perkumpulan. Jadi tidak sembarang orang yang dapat memiliki kaos komunitas mobil. Kaos komunitas mobil sendiri sebenarnya ada beberapa macam yaitu untuk indoor, outdoor, acara event, dan acara sosial.

Kegiatan yang dilakukan oleh komunitas dalam memeriahkan suatu acara, biasanya memodifikasi mobil secara bersama sama. Seperti halnya menggunakan speedometer custom pada kendaraannya untuk menambah kharisma kendaraan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kaos komunitas, dapat dilihat pada penjelasan penjelasan berikut ini:

Koas Komunitas Mobil Sumber: Pinterest/redbubble.com

A. Alasan Membuat Kaos Komunitas Mobil

Pembuatan kaos komunitas mobil sudah merupakan hal biasa yang dilakukan setiap tim community. Apalagi komunitasnya adalah mobil terlaris seperti yaris, dimana notabenenya memiliki anggota yang loyal terhadap komunitas. Ada beberapa alasan kenapa harus membuat kaos komunitas mobil, adapun alasan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tanda Menjadi Member atau Anggota

Setiap anggota yang ingin bergabung di komunitas diberikan kaos dengan desain khusus yang menjadi pertanda diterimanya sebagai anggota baru. Kaos komunitas inilah yang akan menjadi pelengkap kartu tanda keanggotaan yang diterapkan oleh komunitas manapun. Walau pembuatan kaos juga tidak murah namun anggota beru pasti tidak akan keberatan dengan pembuatannya.

2. Identitas Komunitas Saat Gathering

Saat komunitas mobil mengadakan event dalam rangka perayaan hari besar, tidak jarang banyak komunitas komunitas mobil yang bergabung. Bukan hanya berkumpul untuk merayakan namun juga untuk melakukan kegiatan sosial. Disaat seperti inilah identitas sangat diperlukan untuk mengidentifikasi asal dan komunitasnya.

3. Tampil Berbeda

Selain untuk menjadi identitas suatu keanggotaan komunitas, kaos ini juga dapat digunakan sebagai kostum untuk menampilkan keunikan yang dimiliki. Entah itu desai, logo, penempatan bendera dan lainnya. Desain yang berbeda dan mewakili identitas komunitas adalah yang paling direkomendasikan.

4. Seragam Event

Komunitas mobil identik dengan event outdoor, oleh karenanya seragam juga dapat dipakai untuk mengikuti acara tersebut namun seragam yang dipakai tidak seperti kaos keanggotaan. Kaos ini bisa didesain berbeda dari kaos keanggotaan yang biasa dipakai saat pertemuan rutin dan acara reguler lainnya. Kaos juga bisa ditambah dengan detil tema event pada saat itu, tanggal acara, dan detil-detil lain yang penting untuk dicantumkan.

5. Media Promosi dan Public Relation

Setiap komunitas mobil pastinya membutuhkan media untuk melakukan promosi dan juga membutuhkan media untuk mendapat relasi masyarakat. Oleh karenanya dibutuhkan kaos komunitas untuk acara event besar yang akan dilangsungkan.

Desain Kaos Komunitas Mobil Klasik, Sumber: Pinterest/dribble.com 

6. Souvenir Masa Tua

Seiring bertambahnya usia, anggota komunitas yang sudah lama di lingkup tersebut dapat memiliki kenangan terhadap kaos komunitas yang dimiliki, walau sebagian besar anggota masih tercatat sebagai anggota dan jarang mengikuti kegiatannya.

B. Bahan untuk Kaos Komunitas Mobil

Bahan kaos komunitas mobil yang baik, biasanya menggunakan bahan bahan yang terbaik pula. Ada beberapa bahan yang dipakai sebagai pembuatan kaos komunitas, dan bahan bahan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kaos Katun

Merupakan bahan yang biasa digunakan sebagai bahan kaos olahraga, bahan ini dipilih karena dapat memberikan kenyamanan terhadap penggunanya. Beberapa sifat dari katun yaitu Dingin, Menyerap Keringat, dan mudah disablon.

2. Kain TC atau Teteron Cotton

Merupakan jenis kain yang memadukan kain katun alami dan polyester. Bahan ini banyak diminati karena dapat memberikan kenyamanan, murah, dan tebal tentunya.

3. Kain CVC atau Cotton Viscose

Merupakan kain yang memiliki perpaduan antara bahan katun dan lainnya. Bahan ini banyak diminati karena memiliki perpaduan serat sintesa organic buatan manusia. Artinya buatan manusia melalui proses handmad akan menambah kenyamanan pada penggunanya.

4. Kaos Polyester

Merupakan kain yang dibuat sepenuhnya dari polyester. Penggunaannya sendiri lebih banyak untuk pembuatan kaos pantai atau kaos kampanye. Untuk ciri ciri bahan polyester adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kilau.
  • Jika dibakar memiliki bau seperti plastic.
  • Panas ketika digunakan.Tidak menyerap keringat.

C. Cara Membuat Kaos Komunitas Mobil yang Tepat

Pembuatan kaos komunitas tidak sembarang dilakukan. Ada beberapa cara yang tepat dalam pembuatannya yaitu sebagai berikut:

Desain Koas Komunitas Mobil Simple, Sumber: Pinterest/legendlines.com

1. Kaos Menggambarkan Komunitas

Dalam pembuatan kaos ini, harus diperhatikan mengenai identitas komunitas yang akan digunakan. Misalkan anda komunitas pecinta alam maka desain yang dibuat dapat berupa gunung, hutan dan lainnya, jika anda komunitas mobil maka desain yang digunakan adalah ban, mesin, atau kendaraan.

2. Penambahan Logo Komunitas

Setiap komunitas mobil pasti memiliki logo logo tersendiri. Jadi dalam pembuatan logo komunitas harus sesuai dengan kepunyaan komunitas mobil tersebut. Logo tersebut telah dibuat dengan matang sebagai satu simbol kecil namun di setiap guratannya memiliki makna tersendiri

3. Penambahan Slogan Komunitas

Selain daripada logo, banyak komunitas mobil yang menciptakan slogan sebagai bentuk penyemangat serta yel-yel untuk member yang bergabung. Misalnya komunitas mobil memakai slogan seperti saudara satu aspal atau lainnya.

4. Pemberian Nama Agar Tidak Tertukar

Karena setiap desain kaos komunitas hampir sama, diperlukan pembeda yang signifikan agar mudah untuk diidentifikasi. Pembeda tersebut adalah pemberian nama pada kaos yang ditempatkan di sudut sudut tertentu.

Memiliki kaos komunitas mobil itu sangat penting karena paling utama kaos tersebut merupakan sebuah identitas bagi komunitas mobil tersebut. Dengan artikel yang kami ulas ditasa, semoga menjadi pertimbangan untuk anda membuat kaos komunitas yang menjadi identitas bagi komunitas anda, tidak kecuali bagi anda yang tergabung dalam komunitas mobil. 

Posting Komentar untuk "Pentingnya Kaos Komunitas Mobil"