Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Alat Konveksi, Dari High Speed Hingga Mesin Penyelesaian

Bisnis konveksi merupakan salah satu jenis usaha yang perkembangannya tergolong baik. Paling tidak, pasar selalu membutuhkan produknya. Sehingga bisnis perlu berjalan terus. Yang menjadi pertanyaan banyak pemula yang hendak terjun ke bisnis ini adalah, butuh alat konveksi apa saja?

Alat konveksi dibutuhkan untuk memproduksi. Ada banyak jenis mesin jahit yang biasa digunakan. Namun tidak semuanya cocok untuk usaha konveksi. Biasanya mesin jahit khusus konveksi disebut dengan mesin jahit high speed.

Sama seperti namanya, mesin jahit high speed dipilih untuk usaha konveksi karena kecepatan menjahitnya yang stabil dan lebih baik. Jika mesin jahit rumahan menggunakan dinamo sekitar 100 watt, mesin jahit high speed menggunakan dinamo 250 watt.

Ada banyak macam mesin jahit high speed di pasaran. Namun sebelumnya, memahami cara menjahit yang benar tampaknya juga sangat penting. Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan agar proses pekerjaan berjalan dengan lancar dan mencegah terjadinya insiden.

Yang paling basic adalah cara duduk yang benar ketika mengoperasikan mesin jahit. Pada saat menjahit badan harus tegak dan kaki kanan bertumpu pada pedal mesin. Sedangkan kaki kiri bertumpu disamping pedal lurus atau setara dengan posisi jarum.

Nah penggunaan pedal kaki sendiri sebetulnya perlu belajar terlebih dahulu. Namun simpelnya, pedal kaki mesin jahit itu hampir sama dengan pedal kaki pada mobil, yakni : rem, kopling, akselerasi. Untuk rem pada pedal mesin jahit, gunakan tumit untuk menekan.

Ujung kaki mendorong pedal sehingga menggerakkan motor dan membuat mesin bekerja semakin cepat seiring kecepatan kaki menginjak pedal. Adapun tekanan yang ringan oleh ujung kaki supaya pergerakan roda tangan lebih mudah untuk manuver posisi jarum diibaratkan seperti kopling.

Jenis Alat Konveksi/Mesin Jahit

Memahami mesin dan industri tentu saja akan membantu banyak kebutuhan manusia. Itulah kenapa lulusan sekolah tinggi dengan jurusan teknik industri banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan dunia industri secara umum.

Membahas mesin konveksi untuk bisnis akan selalu membahas mesin jahit high speed. Dari mesin itu kemudian dibagi sesuai dengan jenis-jenisnya. Mesin ini juga bisa digunakan untuk garmen atau pakaian jadi.

Berikut adalah jenis mesin jahit high speed alat konveksi :

1. Alat Konveksi, Single Needle

Industri garmen, tekstil (serat alami), dan usaha konveksi baju hendaknya memiliki mesin jahit high speed satu jarum (single needle) ini. Beberapa fitur yang sudah dikembangkan dari mesin single needle ini adalah memotong benang secara otomatis.

Jenis Alat Konveksi, Dari High Speed Hingga Mesin Penyelesaian
Mesin jahit high speed dengan dinamo tanam. Sumber : Istockphoto.com

Mesin jahit high speed jenis ini juga dilengkapi dengan control panel. Fitur yang berguna untuk jahitan label, menjahit terus menerus, otomatis jahitan kunci, dan lain-lain.

Mesin jahit ini juga sudah tidak menggunakan dinamo dengan bodi besar yang biasa ditaruh diatas meja. Dengan teknologi direct drive, sumber motor berkekuatan tinggi ditanam di dalam bodi mesin sehingga lebih ringkas dan efisien.

2. Alat Konveksi High Speed 1 Needle Lockstitch

Jahitan tipe jeratan yang biasa dijumpai pada pakaian merupakan hasil karya dari jenis mesin satu ini. Jahitan jeratan biasa juga disebut lockstitch. Alat konveksi ini perlu dimiliki karena fungsinya untuk menjahit kerah, kaki kerah, dan lain sebagainya.

3. High Speed 2 Needle Lockstitch

Lain dari jenis mesin jahit sebelumnya, yang satu ini menggunakan dua jarum untuk menciptakan 2 jalur pada pakaian. Mesin yang biasa digunakan untuk menjahit berbagai macam bahan ini punya kecepatan 2000 rpm hingga 3500 jpm atau lebih. High speed 2 needle lockstitch juga dilengkapi pemotong benang otomatis dan pendeteksi tepi.

High speed 2 needle lockstitch digunakan untuk menjahit komponen yang membutuhkan tingkat ketelitian tinggi seperti memasang kantong, manset, jahit kerah dan lain sebagainya, Adapun fitur lain dari mesin ini adalah mesin ini bisa mengatur jadwal penyimpanan, jadwal langkah, dan jumlah jeratan.

4. Alat Konveksi High Speed Lockstitch Waisband With Cloth Puller

Waisbang berarti juga ban pinggang. Mesin jahit ini digunakan untuk memasang itu. Biasanya digunakan dibanyak jenis celana, bisa jeans, celana santai, rok, dan lainnya. Mesin jahit ini memiliki 2 jarum dan 4 jarum. Miliki mesin ini jika Anda hendak membuat celana.

5. Embroidery Sewing Machine

Jenis Alat Konveksi, Dari High Speed Hingga Mesin Penyelesaian
Ilustrasi mesin bordir. Sumber : Istockphoto.com

Mesin satu ini diperlukan untuk jahit bordir yang biasa dibutuhkan pesanan seragam, rompi, korsa, atau pakaian lain yang perlu emblem/label bordiran yang disematkan. Kecepatan dari mesin ini sekitar 2800 sti/min dengan jarum yang digunakan adalah DP x17 dan DP x5.

6. Mesin Penyelesaian

Mesin penyelesaian merupakan istilah untuk beberapa jenis mesin pendukung sebagai finishing touch dalam usaha konveksi. Kemudian bebeapa jenis mesin ini nanti akan dibahas satu persatu.

Beberapa mesin penyelesaian yang diperlukan dalam bisnis konveksi antara lain : mesin obras, mesin kelim, mesin lubang kancing, mesin pasang kancing, dan mesin neci. Sebab tentu saja jika hanya menggunakan mesin jahit, akan sangat susah menyelesaikan jahitan lain yang punya style jahitan dan alat yang berbeda.

Yang pertama adalah mesin obras. Kata obras bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi. Obras merupakan pengaman materi dan biasa dijahit di bagian dalam pakaian. Penggunaan jarum selalu disesuaikan dengan kebutuhan, paling banyak 3, dengan jenis jarum DC X 27.

Jenis Alat Konveksi, Dari High Speed Hingga Mesin Penyelesaian
Ilustrasi Mesin obras. Sumber : Istockphoto.com

Kemudian yang kedua adalah mesin jahit lubang kancing. Menggunakan jenis jarum DP X 5, 1 benang dipergunakan untuk membentuk jahitan di sisi penggalan dalam kain. Mesin penyelesaian jahit lubang kancing hanya mampu membentuk satu jenis lubang kancing.

Kemudian mesin penyelesaian selanjutnya adalah shape stich button sewing machine. Jika yang tadi membentuk lubang kancing, yang ini untuk pasang kancing. Tipe kancing yang dapat di pasang dengan mesin ini adalah wrapped around button, snap, metal button, label, stay button, dan shark button. Jenis jarum yang dipakai adalah TQ x 1 atau DP x 17 untuk beberapa tumpuan lainnya.

Kemudian mesin penyelesaian terakhir adalah mesin safetystitch. Mesin ini didesain untuk menampilkan keliman yang memiliki pengaruh pada bahan-bahan yang bukan stretch atau materi tidak regang. Sebut saja seperti tenun.

Kemudian, mesin ini juga menghilangkan tepian bahan yang bertiras atau berjumbai. Ia menghaluskannya. Namun fungsi utama mesin safestitch adalah obras dan menjahit kelim sebelum kemudian masuk pada tahap packaging.

Itulah informasi terkait jenis alat konveksi yang wajib dimiliki jika hendak membuka usaha konveksi. Fungsi setiap mesin jahit satu dengan yang lain saling berkesinambungan karena satu pakaian punya beberapa bagian jahitan yang berbeda-beda.

Setelah memahami alat apa saja yang diperlukan untuk menunjang usaha konveksi, ada baiknya Anda juga membaca tips lain seputar cara sukses bisnis baju online di blog kami.[]

Posting Komentar untuk "Jenis Alat Konveksi, Dari High Speed Hingga Mesin Penyelesaian"