Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kampus Penerbangan Jogja: Prospek Kerja Cemerlang

Bagi Anda yang baru lulus sekolah menengah atas, biasanya akan mencari dan memilih jurusan apa yang sekiranya cocok. Tidak hanya itu, prospek kerja pun turut menjadi bahan pertimbangan. Tidak ada orang yang ingin salah masuk jurusan. Oleh karena itulah pemilihan jurusan sebaiknya disesuaikan juga dengan cita-cita Anda.

Perlu Anda ketahui sebelumnyaa, Teknik Kedirgantaraan bukanlah sekolah penerbangan atau pilot. Bukan pula sekolah teknisi yang bertugas memperbaiki pesawat terbang. Sebaliknya, jurusan ini tenaga-tenaga ahli mampu menciptakan dan mengembangkan teknologi penerbangan Indonesia yang lebih canggih. Berikut ini dapat menjadi pertimbangan memilih kuliah penerbangan.

Alasan Kuliah di Kampus Penerbangan Jogja

Prospek kerja lulusan penerbangan cukup menjanjikan. Tentu saja selama menempuh perkuliahan Anda harus betul-betul menguasai ilmu yang diajarkan. Dengan ilmu dan keahlian yang sudah Anda miliki dapat menjadi bekal ketika Anda bekerja nantinya. Akan banyak industri yang membutuhkan keahlian yang Anda miliki.

1. Prospek Kerja Menjanjikan

Lulusan teknik penerbangan atau teknik dirgantara akan berkesempatan bekerja di BUMN terkemuka seperti misalnya LAPAN. Selain itu Anda bisa bekerja di TNI pada Sekbang-AU dan Dislitbang-AU.

Di teknik dirgantara ini memiliki tiga konsentrasi yang mana bisa mempelajari dunia penerbangan seperti perancangan pesawat terbang, perawatan pesawat terbang, dan operasi penerbangan. Dalam tiga konsentrasi tersebut menjadikan mahasiswa memahami cara merawat, merancang, menggunakan dan mengelola alat yang berhubungan dengan dunia kedirgantaraan lainnya.

Dan berikut kegiatan-kegiatan yang diikuti ketika kuliah di teknik dirgantara. Kegiatan pertama adalah kegiatan di museum dirgantara. Kegiatan selanjutnya adalah SE yang dilaksanakan di Bandung. Mahasiswa juga mengikuti seminar nasional kedirgantaraan. Selain itu juga mengikuti kegiatan OS atau Outbound and survival dimana mahasiswa merasakan pendekatan dan keakraban dengan yang lainnya. Wah, sungguh menarik bukan? Jika Anda tertarik masuk jurusan penerbangan, Anda dapat Jurusan Teknik Dirgantara Adisucipto yang berada di Jogja.

2. Gaji yang Besar

Sudah banyak diketahui bahwa gaji para pekerja di industri penerbangan terbilang besar. Apalagi jika Anda bekerja di maskapai yang besar dan perusahaan terkemuka lainnya. Ya memang gaji tersebut sepadan dengan resiko dan pendidikan yang sudah ditempuh selama ini.

3. Jurusan Favorit

Jika Anda masuk jurusan penerbangan, bisa secara tidak langsung dicap sebagai orang pintar. Sebab jurusan ini selain jurusan favorit juga jurusan yang keren. Orang yang masuk jurusan ini tidaklah banyak. Padahal lulusan teknik penerbangan ini masing sangat dibutuhkan di negara Indonesia ini.

Anda Pasti masih ingat bahwa B. J Habibie juga menekuni ilmu ini. Jika Anda mempelajari ilmu ini dengan sungguh-sungguh, suatu saat nanti siapa sangka Anda bisa menjadi penerus beliau di dunia kedirgantaraan Indonesia.

Mengenal Teknik Dirgantara Adisutjipto

Industri Dirgantara di Indonesia berkembang sangat pesat. Untuk perjalanan jarak jauh, sarana transportasi yang cepat, aman dan tentunya nyaman yaitu pesawat terbang. Agar dapat memenuhi kebutuhan tenaga profesional di bidang penerbangan atau kedirgantaraan, Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA) senantiasa mempersiapkan para mahasiswanya untuk menghadapi tantangan tersebut. ITDA adalah perguruan tinggi swasta yang berada dibawah naungan TNI AU ADI Upaya.

Menurut informasi, nama Adisutjipto diambil dari nama tokoh pahlawan nasional penerbangan Indonesia. Sedangkan kampus ITDA diresmikan pada tanggal 2 Agustus 2002 yang sebelumnya bernama STTA. ITDA memiliki lima departemen tingkat strata satu dan departemen tingkat diploma.

Khusus artikel ini hanya akan membahas departemen teknik dirgantara. Departemen teknik dirgantara memiliki tiga konsentrasi yaitu perancangan pesawat terbang, perawatan pesawat terbang dan operasi penerbangan. Dalam departemen ini para mahasiswa mempelajari tentang penguasaan dan pemanfaatan teknologi kedirgantaraan. Seperti diantaranya merencana, membuat, menggunakan dan mengelola atau merawat mesin dan sistem yang berhubungan dengan kedirgantaraan.

ITDA memiliki kegiatan yang menunjang pembelajaran di bidang kedirgantaraan yaitu aeromodelling. Selain itu mahasiswa juga dapat menyalurkan hobi olahraga dengan fasilitas yang sudah disediakan. Hal ini tentu sangat menyenangkan.

Perlu kita ketahui bahwa alumni ITDA sudah bekerja di berbagai perusahaan swasta terutama di bidang kedirgantaraan, perusahaan negara dan juga militer. Tidak sedikit perusahaan yang meminta lulusan ITDA dapat bekerja di perusahaan tersebut. Sungguh luar biasa lulusan Kampus Penerbangan ini.

Program studi Teknik Dirgantara ITDA menjadi salah satu penyedia Sumber Daya Manusia dunia penerbangan yang kompeten, terlatih dan terampil. Lulusan ini mampu dan berhasil dalam karir profesional mereka di sektor industri, pemerintahan, atau akademisi yang berhubungan dengan dunia penerbangan.

Keterampilan Mahasiswa Jurusan Teknik Penerbangan

Jenis keahlian bisa ditentukan oleh pilihan jurusan. Jurusan ekonomi bisnis bisa memperoleh keahlian digital marketing misalnya. Sedangkan memilih kuliah dengan jurusan teknik penerbangan, Anda akan diajarkan beberapa keterampilan. Beberapa keterampilan yang dapat Anda pelajari meliputi:

1. Keterampilan Desain dan Analisis Sistem

Keterampilan atau kemampuan yang sangat berguna dalam memahami dunia kedirgantaraan adalah kemampuan dalam desain dan analisis sistem. Masuk dalam jurusan ini Anda akan memperoleh ilmu dasar kemampuan desain dan analisis.

2. Memahami Teknik Kendali Terbang

Memahami teknik kendali terbang tak kalah pentingnya. Di jurusan ini Anda juga akan diajarkan mengenai teknik terbang pesawat udara mulai dari pendukung sampai kendali utamanya. Wah, materi ini tentu sangat menarik bukan?

3. Kemampuan Matematika dan Fisika

Anda suka matematika dan fisika? Teknik dirgantara memang identik dengan lulusan SMA IPA dan SMK Teknik. Jika Anda menyukai matematika dan Fisika, sudah menjadi modal dasar untuk memilih jurusan teknik dirgantara ini. Sebab, dalam dunia penerbangan, Anda wajib untuk mempelajari dasar-dasar perhitungan seperti halnya dalam matematika dan fisika terapan. Perlu Anda ketahui bahwa hampir semua pembahasan akan berkaitan dengan hal tersebut.

Itulah pembahasan terkait kampus penerbangan di Jogja. Semoga Artikel ini dapat menambah wawasan bagi pembaca khususnya yang sedang mencari informasi terkait Kampus Penerbangan di Jogja.

Posting Komentar untuk "Kampus Penerbangan Jogja: Prospek Kerja Cemerlang"