Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Atasi Ngengat di Lemari Pakaian, Langsung Hilang!

Ngengat merupakan serangga yang cukup meresahkan, karena selalu hinggap dalam berbagai tempat. Lemari pakaian, dapur, karpet bahkan sampai di bawah perabot mebel kayu jati bisa Anda temukan ngengat. Nah bagi Anda yang merasa kesulitan untuk membasmi ngengat, simak tips atasi ngengat di lemari pakaian hanya di artikel ini.

Ngengat, Hama Meresahkan dalam Rumah

Ngengat ialah salah satu hama yang sering dijumpai di pakaian dan juga mebel yang sudah lama ada. Keberadannya selalu meresahkan banyak warga. Maka dari itu tidak sedikit yang berlomba-lomba untuk dapat mengusir makhluk satu ini. Tidak hanya di lemari pakaian namun juga perabotan yang lain.

Tips Atasi Ngengat Pakai Bahan Alami

Ada beberapa cara jitu untuk mengatasi hama satu ini, yaitu menggunakan bahan-bahan alami yang natural. Dengan menggunakan bahan-bahan dari alam menjadikan ngengat akan merasa terusir dengan sendirinya, serta orang-orang penghuni rumah tidak merasa terganggu karena bau bahan yang natural tanpa pengawet dan zat-zat kimia. 

Ngengat biasa hinggapi lemari. Sumber: unsplash.com 


Simak beberapa bahan-bahan alami berikut.

1. Peppermint

Obat pembasmi serangga alami yang cukup efektif yaitu daun peppermint. Untuk menggunakannya Anda dapat mengambil segenggam peppermint ke dalam bungkus botol. Selain itu Anda bisa juga menaruh daun mint langsung ke dalam lemari, tepatnya diantara dua pakaian yang hendak dijaga.

Selain itu ada pula minyak peppermint yang juga mempunyai khasiat mujarab. Cara penggunaannya Anda bisa mengambil beberapa tetes minyak peppermint ke kapas kering yang bersih, oleskan secara merata, lalu letakkan di sudut lemari pakaian Anda. Ketika bau mulai hilang, Anda dapat inisiatif untuk menambahi sendiri. Selain mengusir ngengat, mint biasa untuk atasi tikus berkeliaran.

2. Lavender

Lavender terkenal mampu atasi serangan hama. Anda bisa meletakkan lavender kering ke dalam kantong plastik kosong yang telah disediakan. Bisa juga dengan minyak esensial lavender yang diteteskan ke kapas. Lalu Anda tinggal letakkan di tempat Anda menyimpan pakaian seperti di lemari, laci, dan sebagainya.

Memiliki ciri khas yaitu bau wangi harum semerbak menjadikan lavender sangat dinanti umat manusia dan sangat dibenci oleh ngengat dan serangga lainnya.

3. Kayu Cedar

Berikutnya ada kayu cedar. Kayu ini cukup lama dikenal sebagai obat pembasmi serangga yang ampuh. Usut punya usut kayu cedar memiliki khasiat yang lebih hebat bila dibandingkan dengan produk pabrikan. Apabila tidak percaya, Anda boleh mencobanya langsung di tempat mebel.

4. Rosemary, Thyme dan Cengkeh

Ketiga bahan ini bila diramu dengan kombinasi yang sesuai maka akan menjadikan ramuan pengusir ngengat yang sangat ampuh dan mujarab luar biasa. Bisa dilihat setelah itu ngengat akan tidak kuat dan langsung pergi. Adapun cara menggunakannya yaitu dengan menyiapkan isi sachet kosong dengan ketiga kombinasi tersebut.

Anda bisa menghemat uang dengan membeli bahan-bahan herbal sendirian. Toko makanan alami bisa menjadi alternatif kalau Anda tidak mendapati di tempat lain. Mengenai ramuan, diharapkan Anda menyimpannya di tempat yang jarang dijangkau anak-anak.

Ngengat, serangga pengganggu pakaian. Sumber: tribunnews.com


Tips Atasi Ngengat di Lemari Pakaian

Selain bahan-bahan alami yang telah disebutkan diatas, Anda juga perlu mengetahui dengan seksama, selama menyimpan pakaian di lemari apakah sudah optimal? Maka dari itu simak tips atasi ngengat di lemari pakaian berikut ini, supaya lemari semakin wangi dan bersih tanpa hama.

1. Membersihkan Pakaian Keseluruhan

Anda dapat membersihkan pakaian secara keseluruhan dengan cara mencuci semua pakaian serta kaos yang dipunya. Pastikan dijemur dibawah sinar matahari sampai kering. Setelah itu baru bisa dimasukkan ke lemari. Untuk mencegah hal-hal yang tidak ingin dilakukan Anda dapat membunuh serangga tersebut mulai dari larva.

2. Tempat Penyimpanan yang Tertutup

Pastikan Anda menyimpan berbagai plastik dan perabot lainnya dalam koper. Dengan menyimpan pakaian di area tertutup menjadikan pakaian Anda tidak dapat dijamah oleh serangga tidak bertanggungjawab. Dengan begitu pakaian Anda akan tetap wangi sepanjang hari.

3. Simpan Pakaian di Tempat Kering

Perlu diketahui bahwa ngengat sangat suka tempat remang-remang, lembab serta penuh celah. Karena itulah Anda harus hati-hati dalam menyikapinya. Menyimpan pakaian di loteng atau di tempat jemuran pasti lebih aman daripada menyimpan pakaian di ruang bawah tanah atau garasi.

4. Pakai Vakuum dan Pembasmi Hama

Perlu diketahui, ngengat sangat suka tempat lembab. Karena itulah vacuum dapat Anda pakai secara rutin agar tidak ada suatu hal yang tidak diinginkan terjadi. Setelah itu Anda dapat membunuh larva yang cukup meresahkan pakaian.

Menghilangkan Ngengat di Karpet

Ngengat akan hanya mau bertelur bila larva bisa menetas dan diberi makan tanpa gangguan. Dalam kasus ini karpet wol ialah karpet yang terdapat banyak keratin didalamnya. Area terbuka yang sering digunakan jarang diserang, jadi aktivitas ngengat di karpet Anda biasanya berada di sepanjang garis pinggir atau ujung karpet.

Cara hilangkan ngengat di karpet. Sumber: kliknclean.com


Untuk membasmi hal demikian Anda bisa memakai semprotan ngengat pada karpet yang diserang. Namun dihimbau untuk melakukan satu hal dahulu namun terus menerus. Agar terasa manfaatnya.

Untuk menghilangkan ngengat karpet, gunakan semprotan ngengat yang dirancang untuk digunakan pada karpet. Anda hanya perlu menerapkannya di daerah yang menjadi sarang ngengat, tapi pastikan perawatan yang dilakukan mencapai maksimal, di mana Anda harus membersihkan larva beserta sumber makanannya setiap hari. Ulangi selama kurun waktu 30 hari.

Anda bisa juga memvakum karpet Anda dengan hati-hati secara teratur namun was was, membersihkan daerah atau tempat di mana pakaian disimpan misalnya di bawah tempat tidur. Anda bisa juga membersihkan karpet Anda setiap tiga bulan sekali untuk perlindungan maksimal.

Akhir kata, itulah tips atasi ngengat di lemari pakaian. Bila Anda memerlukan interior rumah yang bagus, Anda dapat menggunakan jasa interior Jogja. Anda dapat juga membaca artikel kami lainnya tentang kain grosir dan bahan kaos. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

Posting Komentar untuk "Tips Atasi Ngengat di Lemari Pakaian, Langsung Hilang!"