Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amalan-Amalan Sunnah Bulan Muharram Yang Perlu Anda Ketahui

Apa saja sih amalan-amalan sunnah bulan Muharram ini? 

Perlu diketahui bahwa bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam, dan merupakan salah satu bulan yang dianggap suci bagi umat Muslim. Nama "Muharram" berasal dari bahasa Arab yang berarti "haram" atau "terlarang", sehingga bulan ini adalah bulan yang suci dan dihormati oleh umat Islam. 

Selanjutnya, bulan yang mulia ini pun memiliki amalan-amalan yang hanya terdapat di bulan ini saja. Ada juga amalan-amalan yang sifatnya umum namun dikerjakan di bulan ini dan dikerjakan pula pada bulan-bulan lainnya. 

Perkara amalan-amalan ini banyak orang yang mengatasnamakan hal tersebut sebagai sunnah Nabi. Lantas, apa sih sebenarnya yang dimaksud sebagai sunnah? 

Makna Sunnah 

Istilah "sunnah" berasal dari bahasa Arab yang berarti "jalan" atau "cara". Dalam konteks Islam, kata ini merujuk pada ajaran dan praktik yang dianjurkan dan ditinggalkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Makna "sunnah" dalam konteks yang sering digunakan dalam dunia Islam merujuk pada segala sesuatu yang dicontohkan atau diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, baik secara langsung atau melalui perbuatan, perkataan, atau persetujuannya yang diamini. Bahkan, dalam pengertian lain “sunnah” memiliki makna yang lebih luas.

Ilustrasi memperbanyak amalan sunah di Bulan Muharram. Sumber G24news
Ilustrasi memperbanyak amalan sunah di Bulan Muharram. Sumber G24news 

Sebab yang menjadikan pengertian sunnah lebih luas dikarenakan mencakup peristiwa-peristiwa sebelum Nabi Muhammad SAW mendapat risalah kenabian. Akan tetapi, sebagaimana makna hadits menurut ahli hadits adalah ketika Nabi Muhammad SAW setelah menerima risalah kenabian.

Amalan Sunnah Bulan Muharram

Amalan sunnah bulan Muharram cukuplah banyak, begitu juga dengan banyaknya hadits-hadits Nabi yang menjelaskan akan hal tersebut. Oleh karena banyaknya amalan-amalan sunnah yang terdapat pada bulan ini maka umat Muslim melakukan dan melaksanakan amalan tersebut sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT dan penghormatan terhadap bulan yang suci ini. 

Dengan itu berikut ini adalah beberapa amalan-amalan sunnah bulan Muharram yang bisa anda lakukan lakukan, diantaranya : 

1. Berpuasa Di Bulan Muharram

Secara umum, puasa adalah suatu bentuk ibadah atau praktik keagamaan di mana seseorang menahan diri dari makan, minum, dan beberapa aktivitas tertentu pada waktu-waktu tertentu. 

Puasa sering kali dianggap sebagai cara untuk membersihkan jiwa dan menghadirkan kesadaran spiritual. Dengan menahan diri dari nafsu dan keinginan duniawi, seseorang dapat lebih fokus pada hubungannya dengan Allah SWT.

Oleh karena itu berikut adalah macam-macam puasa yang bisa anda kerjakan di bulan Muharram sebagai bentuk memuliakan bulan tersebut dan bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT, antara lain : 

a. Tasyuah

Puasa 9 Muharram, juga dikenal sebagai Puasa Tasu'a, adalah praktik puasa sunnah yang dilakukan oleh umat Muslim pada tanggal 9 Muharram dalam kalender Hijriyah. Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam, dan Puasa 9 Muharram adalah puasa yang dijalankan sehari sebelum Puasa Asyura, yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. 

Berpuasa pada tanggal 9 Muharram memiliki keutamaan dan dapat mendatangkan pahala dari Allah SWT. Namun, tentu saja niat berpuasa haruslah ikhlas dan hanya dilakukan karena Allah SWT semata.

b. Asyura

Puasa Asyura adalah salah satu amalan puasa yang dilakukan oleh umat Muslim pada tanggal 10 Muharram dalam kalender Hijriyah. Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam, dan tanggal 10 Muharram adalah hari khusus yang memiliki makna dan keutamaan tersendiri. 

Dalam hadis riwayat Muslim, disebutkan bahwa puasa Asyura dapat menghapus dosa-dosa yang telah dilakukan selama setahun sebelumnya. Tentu saja, ini bukan berarti kita dapat bermaksiat sepanjang tahun dan mengharapkan puasa Asyura sebagai penghapus dosa. 

Namun, puasa ini dianggap sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri dan bertobat dari dosa-dosa yang telah dilakukan.

c. Ayyamul bidh

Nama "Ayyamul Bidh" berasal dari bahasa Arab, di mana "Ayyam" berarti "hari-hari" dan "Bidh" berarti "putih". Puasa Ayyamul Bidh, juga dikenal sebagai Puasa Ayyam al-Bid, adalah puasa sunnah yang dilakukan pada hari-hari putih dalam kalender Hijriyah. Hari-hari putih ini jatuh pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan Hijriyah. 

Ilustrasi membaca niat puasa di Bulan Muharram. Sumber Shutterstock
Ilustrasi membaca niat puasa di Bulan Muharram. Sumber Shutterstock

Berpuasa pada hari-hari putih ini diyakini memiliki keutamaan dan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Begitu juga Salah satu manfaat dari puasa Ayyamul Bidh adalah memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk menjaga amalan berkelanjutan di luar bulan Ramadhan. 

Akan tetapi perlu untuk diingat bahwa dalam Islam, puasa pada hari-hari biasa di luar bulan Ramadhan adalah bentuk ibadah sunnah dan bukan sebuah kewajiban yang harus dikerjakan.

2. Perbanyak Amal Shalih

Perbanyak amal shalih di bulan Muharram adalah tindakan yang dianjurkan dalam agama Islam. Muharram adalah bulan yang memiliki keutamaan khusus dan dianggap sebagai bulan suci dalam kalender Hijriyah

Ada beberapa amal shalih yang dapat Anda perbanyak dalam bulan Muharram untuk mendapatkan pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Seperti halnya perbanyak membaca Al-quran, shalat berjamaah di masjid, bersedekah, meningkatkan lagi shalat-shalat sunnah dsb. 

Selama bulan Muharram, perbanyaklah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, bertaubat dari dosa-dosa, dan meningkatkan kualitas hubungan spiritual dengan-Nya. 

3. Perbanyak Mengingat Allah SWT serta Bertaubat Kepada-Nya 

Perbanyak mengingat Allah SWT dan bertaubat pada bulan Muharram adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Muharram adalah bulan suci yang memiliki banyak keutamaan, dan ini menjadi kesempatan baik bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan membersihkan jiwa dengan bertaubat dari dosa-dosa. 

Memperbanyak membaca Al-quran untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sumber Freepik
Memperbanyak membaca Al-quran untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sumber Freepik 

Begitu banyak cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan melaksanakan perintahNya serta menjauhi larangan-Nya merupakan satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Begitu juga memperbanyak mengingat Allah SWT dan bertaubat pada bulan Muharram akan membantu menghidupkan kembali kesadaran spiritual dan menghadirkan keberkahan dalam hidup.

Jadi, kesimpulannya adalah amalan sunnah bulan Muharram sangat beragam. Ada yang hanya bisa dikerjakan di bulan Muharram dan ada juga yang bisa dikerjakan di bulan-bulan yang lain. Namun, yang perlu diingat adalah niat ikhlas untuk melaksanakan amalan tersebut. Begitu juga untuk tetap menggantung niat mengerjakan amalan tersebut karena Allah SWT semata. 

Panduan tentang hukum syariah lainnya bisa juga anda dapatkan di jualkaosmuslimgaul.com, begitu juga anda bisa turut serta melakukan syiar dengan membeli dan mencetak kaos dengan berbagai macam jenis kain yang bertemakan dakwah di jualkaosmuslimgaul.com.

Posting Komentar untuk " Amalan-Amalan Sunnah Bulan Muharram Yang Perlu Anda Ketahui"