Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna, Keutamaan, dan Tips Menyelenggarakan Tasyakuran Khitan

Khitan merupakan salah satu sunnah yang memiliki makna penting dalam agama Islam. Untuk menghormati dan merayakannya, biasanya akan diadakan tasyakuran khitan. Dalam artikel kali ini akan menjelaskan apa makna dan keutamaan khitan hingga tips-tips dalam menyelenggarakannya. 

Makna dan Keutamaan Khitan

Khitan adalah tindakan Sunnah yang dianjurkan yang bertujuan untuk membersihkan area vital anak laki-laki. Selain aspek kesehatan, khitan juga memiliki makna religius sebagai tanda ketaatan kepada agama. Khitan dipandang sebagai bentuk Sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.


Sementara, langkah pertama dalam prosesnya adalah melaksanakan tasyakuran khitan. Proses ini akan dilakukan oleh dokter khusus. Dimana sebelumnya anak laki-laki harus menjalani persiapan, seperti menjaga kebersihan area vitalnya.


Dalam hal ini Nabi Muhammad SAW memberikan arahan dan pedoman bagaimana cara dalam merayakan tasyakuran khitan. Seperti salah satu hadis Nabi Muhammad SAW yang menggarisbawahi bagaimana pentingnya khitan;


"Khitan adalah Sunnah bagi laki-laki, dan sebagai sebuah tanda kehormatan untuk wanita". (HR. Ahmad). Dari hadis ini, kita bisa memahami bahwa khitan merupakan tindakan untuk memuliakan laki-laki dan sebagai tanda kehormatan untuk wanita. Oleh karena itu, pelaksanaan tasyakuran khitan adalah momen yang harus disyukuri. 

Tips Merayakan Tasyakuran Khitan dengan Baik

Menyelenggarakan tasyakuran khitan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mengingat perayaan ini dilakukan dengan berbagai acara yang berbeda-beda setiap daerah, tentu membutuhkan perencanaan yang tepat agar bisa terlaksana dengan baik. 

Makna, Keutamaan, dan Tips Menyelenggarakan Tasyakuran Khitan
Ilustrasi anak muslim mengenakan sarung. Sumber: Istockphoto.com

Nah agar acara tasyakuran khitan bisa tetap terlaksana dengan baik tanpa khawatir soal budget, Anda bisa melakukan beberapa tips hemat dibawah ini: 

  1. Lakukan Persiapan dengan Baik

Langkah pertama adalah melakukan persiapan mengenai perlengkapan cara dari jauh-jauh hari. Dengan begitu Anda bisa mencari toko perlengkapan untuk acara dengan harga terbaik. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari membeli barang yang terlupakan dengan harga yang mahal. 

  1. Pilih Waktu yang Tepat

Setelah melakukan persiapan, Anda juga harus mengatur waktu terbaik untuk mengundang orang yang akan diminta untuk menghadiri acara tasyakuran khitan tersebut. Kapan waktu yang tepat? Sebaiknya undang pada waktu akhir pekan yaitu bisa di waktu pagi sampai sebelum Zuhur. 

  1. Sesuaikan Budget

Dalam proses menyelenggarakan tasyakuran ini, Anda biasanya akan dihadapkan dengan banyak hal. Namun ada beberapa yang sifatnya tidak wajib yang mungkin akan berdampak pada pengeluaran biaya. Untuk meminimalisir pembengkakan biaya Anda harus merencanakannya dengan tepat. 


Buatlah acara dengan konsep dan cara Anda sendiri. Mana saja acara yang wajib, apa saja acara yang harus ditiadakan. Dengan begitu, acara bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana. Semisal undangan, dari opsi undangan digital hingga undangan tiket gelang lanyard, pilih yang sesuai dengan budget.

  1. Anggarkan Biaya dengan Tepat

Selain menyesuaikan dengan budget yang dimiliki, dalam merayakan tasyakuran khitan juga tentunya membutuhkan perencanaan dan penyusunan biaya. Susun Anggara dengan cermat dan tepat sehingga bisa memudahkan dalam mempersiapkan budget 

Makna, Keutamaan, dan Tips Menyelenggarakan Tasyakuran Khitan
Agar anggaran tasyakuran khitan tidak memberatkan, Anda bisa gabung dengan aqiqah. Sumber: Pinterest.com

Untuk meringankan biaya, Anda bisa menabung sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa mencukupi kebutuhan biaya saat acara tersebut tiba. 

  1. Gelar Secara Sederhana

Dalam merayakan tasyakuran khitan tidak harus digelar dengan acara besar-besaran. Menggelar acara tasyakuran dengan sederhana  akan menghemat biaya. Sekalipun sederhana, Anda masih bisa tetap melaksanakan dengan meriah.


Anda bisa melakukan acara yang sekiranya tidak membutuhkan banyak biaya. Dengan demikian tujuan Anda untuk merayakan tasyakuran khitan ini akhirnya bisa terwujud sesuai dengan biaya yang Anda miliki. 

Langkah Merayakan Tasyakuran Khitan dengan Penuh Makna 

Tasyakuran khitan menjadi salah satu momen yang bersejarah dalam kehidupan seorang anak. Momen ini adalah saat yang sempurna untuk merayakan dengan cara yang bermakna. 


Ada beberapa langkah dalam merayakan tasyakuran khitan yang dianjurkan Nabi, yaitu meliputi: 


  • Pemahaman Agama


Penting untuk diperhatikan sebelum merayakan tasyakuran khitan adalah memahami makna dan bagaimana pentingnya khitan dalam Islam. Dengan memahami ini, Anda juga termasuk salah satu cara mendidik anak sholeh sehingga akan membantu anak yang menjalani khitan maupun keluarga yang merayakannya bisa menghargai momen ini.


  • Doa dan Dzikir


Setelah memberikan pengetahuan agama mengenai khitan, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah doa dan dzikir. Tasyakuran khitan bisa dimulai dengan berdoa dan berdzikir bersama. Panjatkan doa kepada anak yang menjalani khitan agar diberi kesembuhan dan keberkahan. 


  • Upacara Adat


Setiap daerah tentu memiliki budaya dan tradisi tasyakuran khitan yang berbeda. Upacara adat ini biasanya mencakup pengundangan keluarga atau teman, hingga perayaan dengan berbagai macam hiburan dan jenis makanan. 


  • Amal

Makna, Keutamaan, dan Tips Menyelenggarakan Tasyakuran Khitan
Tasyakuran khitan dengan hidangan dan makan bersama. Sumber: Pinterest.com

Langkah berikutnya adalah memberikan hidangan yang lezat dan makanan favorit anak yang menjalani khitan. Hal ini adalah salah satu cara yang baik untuk merayakan momen indah ini. Hak ini juga sesuai dengan ajaran Nabi untuk memberikan makanan kepada orang lain sebagai bentuk amal kebaikan. 


  • Pemberian Hadiah


Nabi Muhammad SAW juga memperingatkan untuk memberikan hadiah kepada anak yang menjalani khitan sebagai bentuk dukungan atas keberanian mereka dalam menjalani khitan. Pemberian Hadian ini adalah hal yang umum. Namun di setiap daerah, hadiah yang diberikan tentu akan berbeda-beda 


Tasyakuran khitan menjadi momen penting yang dirayakan sebagai bentuk raya syukur kepada Allah. Melalui proses dan perayaannya, kita semua bisa mengajarkan nilai agama, bagaimana cara menjaga kesehatan anak hingga mengukuhkan ikatan keluarga. 


Dengan melaksanakan tasyakuran khitan sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW, kita bisa merayakannya dengan penuh kegembiraan, doa dan syukur. Ini adalah tindakan untuk memuliakan anak laki-laki dan sebagai tanda kehormatan untuk wanita. 


Demikianlah penjelasan mengenai makna, keutamaan hingga tips hemat dalam menyelenggarakan tasyakuran khitan. Untuk membaca artikel dan informasi menarik lainnya seperti amalan sunnah muharram, Anda bisa membacanya disini. 


Posting Komentar untuk "Makna, Keutamaan, dan Tips Menyelenggarakan Tasyakuran Khitan"